Contoh Slip Gaji Karyawan EXCEL WORD XLS DOCX

contoh slip gaji

Contoh Slip gaji karyawan sederhana format DOCX XLS EXCEL WORD bisa di edit, buat slip gaji online anda sendiri dengan tools gratis – Slip Gaji wajib dibuat oleh masing – masing perusahaan saat memberikan gaji atau imbalan atas kerjanya.

Hal ini sesuai dan wajib dilakukan oleh perusahaan sesuai dengan Peraturan pemerintah nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan, bahwa setiap pemilik usaha wajib memberikan slip atau bukti gaji kepada karyawannya.

Slip gaji adalah selembar kertas yang berisi catatan rincian gaji yang diperoleh pegawai setelah bekerja dalam kurun waktu yang telah disepakati, biasanya sebulan.

Rincian yang harus disebutkan dalam slip gaji terdiri dari beberapa komponen pembentuk gaji bersih, yaitu gaji pokok, beberapa tambahan gaji seperti bonus lembur, dan pengurang gaji semisal pembayaran asuransi dan nilai pinjaman jika ada.

Komponen slip gaji karyawan

Meski slip gaji masing – masing perusahaan berbeda –beda namun semua slip gaji mengandung beberapa komponen sebagai berikut:

  1. nama, logo dan alamat perusahaan, dapat juga disertai website dan alamat email jika ada.
  2. tanggal pembayaran gaji.
  3. total nominal penghasilan dan nama bank pembayar. Nominal gaji karyawan termasuk gaji pokok / gaji rutin yang pasti diterima oleh karyawan dari jam kerja dalam satu periode pembayaran, bonus / tambahan khusus penghasilan, penghargaan / nominal tambahan untuk pegawai yang mendapatkan pencapaian khusus, pengurangan khusus untuk pajak atau asuransi atau biaya transportasi.
  4. tanda tangan resmi dari pihak perusahaan, biasanya diwakili oleh pihak HRD.
  5. periode pemberian gaji sesuai kesepakatan awal antara pemilik usaha dan pekerja. Biasanya satu periode dihitung selama 1 bulan.
  6. data personal karyawan berupa nama, jabatan dan status kepegawaian jika ada, informasi pajak.

Berikut beberapa contoh slip gaji karyawan yang dapat kamu jadikan sebagai sumber referensi dalam membuat slip gaji yang baik dan benar

Contoh Slip Gaji Sederhana

contoh slip gaji karyawan sederhana

Gambar diatas adalah salah satu format contoh slip gaji sederhana. Di slip tersebut tercantum tanggal penerimaan gaji, nama dan jabatan penerima. Juga rincian uang yang berhak diterima mulai dari tunjangan jabatan hingga potongan pinjaman. Selain itu nama dan logo perusahaan pun wajib disertakan dalam slip agar terlihat formal.

Contoh Slip Gaji Karyawan

contoh slip gaji karyawan sederhana

Gambar diatas adalah salah satu contoh slip gaji karyawan. Dalam slip diatas data karyawan disertakan dengan rinci mulai dari nama karyawan yang ditulis dengan lengkap, Employee ID atau No Karyawan, periode gaji, dan rincian nominal penghasilan mulai dari gaji pokok, tunjangan jabatan, konsumsi, harian dan bonus, kemudian pengurangan penghasilan yang termasuk pph 21 dan sebagainya ditulis dengan lengkap dan jelas. Dan di akhir surat dibubuhkan tanda tangan dari pihak perusahaan, yaitu Manajer HRD.

Baca Juga  Aplikasi WMS Warehouse Management System

Contoh Slip Gaji Guru

pembuatan slip gaji guru swasta sama dengan pembuatan slip gaji guru manapun. Rincian jumlah nominal gaji berisi tunjangan kesejahteraan jika ada, tunjangan mengajar, tunjangan jabatan semisal kepala sekolah, wali kelas, Pembina ekstrakulikuler dan sebagainya. Berikut salah satu contoh slip gaji guru swasta yang masih kontrak.

contoh slip gaji guru

Di gambar diatas Contoh Slip Gaji Guru, disebutkan secara rinci berapa jumlah total gaji beserta semua komponennya, tambahan gaji hingga beberapa potongan gaji termasuk biaya transportasi dan lainnya.

Contoh Slip Gaji Manager

contoh slip gaji manager

Gambar diatas adalah salah satu slip gaji untuk manager HRD. Nama dan alamat perusahaan ditulis paling atas. Kemudian disisipkan nama dan jabatan, tanggal penerimaan gaji beserta rincian jumlah gaji yang di terima termasuk gaji pokok, tunjangan perumahan, tunjangan makan dan tunjungan transportasi. Dan dibubuhi tanda tangan HRD sebagai wakil perusahaan untuk meriliskan gaji pegawai tersebut secara resmi

Slip Gaji DOCX

slip gaji docx

Download Slip Gaji WORD DOCX

Berikut ini adalah cara membuat Slip Gaji DOCX untuk Karyawan Perusahaan.

Garis besar tahapan membuat slip gaji dalam artikel ini ada 3. Yang pertama adalah membuat database di Excel, yang kedua membuat dan mendesain form slip gaji di word, dan yang ketiga menghubungkan database Excel dengan form di Word menggunakan tool mail merge.

Adapun uraian masing-masing tahapan adalah sebagai berikut.

Membuat Database atau Spreadsheet

Langkah pertama dalam membuat slip gaji dengan Microsoft Word adalah dengan membuat spreadsheet dengan Excel. Masukkan data yang diperlukan seperti nama, NIK, gaji pokok, tunjangan, asuransi, pajak, dan juga gaji bersih. Pastikan anda memasukkan informasi dengan detail dan benar.

Selain hal-hal yang disebutkan diatas, periode gaji juga merupakan salah satu informasi penting. Setiap perusahaan memiliki periode gaji dan sistem penggajian yang berbeda-beda.

Hal ini menjadi penting untuk data perusahaan apabila ada complaint atau untuk menyocokkan data keuangan. Setelah selesai menginput data, anda dapat menyimpan berkas tersebut untuk digunakan di langkah sejanjutnya.

Contoh database karyawan atau data gaji karyawan dalam format Excel untuk pembuatan slip gaji seperti gambar di bawah ini.

slip gaji docx

Buat Format Slip Gaji DOCX Di Microsoft Word

Setelah anda menyimpan berkas Excel anda, silahkan buka Microsoft Word dan atur halaman menjadi dua kolom dengan klik “Page Layout” kemudian “Columns”, terdapat beberapa pilihan, pilih “Two”. Setelah itu, masukkan judul data yang akan di-merge seperti yang dibuat di Excel. Hanya judul datanya saja.

Untuk contoh format slip gaji banyak tersedia di Google, Anda bisa search dan memilih salah satu. Kalau tidak ada yang cocok, Anda bisa memodifikasi contoh-contoh slip gaji di Google sesuai kebutuhan.

Anda bisa download Format Slip Gaji DOCX disini

Gunakan Mail Merge

Setelah judul data pada Word sesuai dengan yang ada di berkas Excel sebelumnya. Anda bisa mulai menggunakan fitur mail merge dengan klik menu “Mailings”, kemudian pilih “Start Mail Merge” dan muncul beberapa pilihan, pilihlah “Step by step Mail Merge”.

Setelah itu akan muncul jendela baru atau sidebar, klik “Letters” dan klik “Next: Starting document” yang terletak di bagian bawah. Kemudian, pilih “Next: Select recipients”. Maka akan muncul jendela baru lagi, jika tidak muncul makan klik pilihan “Browse”.

Dalam jendela pemilihan berkas, pilihlah berkas Excel yang sudah dikerjakan pada langkah 1, tekan “OK” dan “OK” sekali lagi. Kembali lagi ke Word anda dan tutup menu Mail Merge. Kemudian pilih menu “Mailings” dan “Insert Merge Field”. Pilih sesuai dengan apa yang akan diisi, pastikan kursor juga berada di depan judul dimana data tersebut akan diletakkan.

Baca Juga  5 Contoh Undangan Aqiqah Word DOCX Bisa Di Edit

Klik “Preview Result” untuk melihat gambaran bagaimana penampakkan slip gajinya. Untuk melihat gambaran slip lainnya, anda dapat klik simbol arah panah. Jika ingin menambahkan format Rp, tekan ALT+F9 kemudian tambahkan \#Rp#,##0 sehingga menjadi {MERGEFIELD F8\#Rp#,##0}, tekan kembali ALT+F9 untuk menghilangkannya. Untuk cetak slip gaji, bisa klik Finish & Merge > Print Documents

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, anda dapat dengan mudah membuat slip gaji karyawan pada dokumen Microsoft Word.  Format dan bentuk slip gaji ada berbagai macam seperti Word, Excel dan online sehingga tidak terbatas pada format ini saja. Gunakanlah bentuk yang nyaman digunakan oleh perusahaan anda.

Slip Gaji EXCEL XLSX

Untuk anda yang ingin membuat Slip Gaji XLS format EXCEl, bisa mengikut cara cara berikut ini :

Download Slip Gaji EXCEL

contoh slip gaji karyawan sederhana

Format Slip Gaji

Sebelum membahas slip gaji excel ada baiknya mengetahui terlebih dahulu format dari slip gaji. Tentunya setiap perusahaan memiliki formatnya masing-masing, namun ada beberapa hal umum yang wajib ada pada slip gaji. Berikut format slip gaji yang umum ada di slip gaji karyawan:

  • Format utama ada dibagian atas slip gaji, dimana biasanya tertera nama perusahaan dan informasi umum tentang perusahaan seperti logo dan alamat perusahaan. Selain itu akan tertera jelas judul besar bertuliskan SLIP GAJI pada bagian bawah setelah info perusahaan.
  • Selanjutnya adalah nama karyawan beserta informasi umum karyawan seperti bagian divisi mana bekerja.
  • Barulah masuk pada isi dari rincian gaji. Disana akan tertera jumlah gaji pokok, lembur, tunjangan, bonus, bisa juga uang makan dan transport. Semua itu tergantung kebijakan dan perjanjian perusahaan dan karyawan dikontrak kerja.
  • Selain mengenai pemasukan, ada juga rincian potongan gaji. Seperti pinjaman (jika karyawan berhutang), iuran serta pajak penghasilan dan lain sebagainya. Disinilah dibutuhkan pembuatan slip gaji excel sehingga menghasilkan gaji bersih masing-masing karyawan.
  • Terakhir selain info penting diatas, yang umum ada pada format slip gaji adalah tanggal dikeluarkannya slip gaji, periode penerimaan gaji serta pihak atau bagian yang membuat slip gaji tersebut.

Cara Membuat Slip Gaji Excel

Setelah mengetahui bagian-bagian dari slip gaji barulah membahas cara membuat slip gaji di excel. Dimana setiap langkah tidaklah sulit jika diperhatikan, walau sedikit rumit tentunya. Berikut cara membuat slip gaji di Excel yang dapat dijadikan referensi:

Baca Juga  WEBSITEBOS 2021 Kursus Internet Marketing Daftar Disini

1. Buka Microsoft Excel Dan Buat Tabel

Cara membuat slip gaji dari excel yang pertama adalah membuka microsoft excel. Lalu persiapkan tabel (buat tabel), untuk jumlah tabel dapat disesuaikan dengan format slip gaji masing-masing perusahaan. Pastikan sudah dapat memahami cara mengoprasikan microsoft Excel untuk standar seperti pembuatan tabel, karena slip gaji berbentuk tabel.

2. Isi Rincian Tabel

Setelah tabel berhasil dibuat, barulah masukan rincian dari isi slip gaji pada tabel. Untuk rincian seperti yang dijelaskan diatas, yaitu rincian gaji, bonus, tunjangan, lembur dan lainnya (buat sheet masing-masing keperluan). Pastikan juga telah membuat judul besar diatas tabel bertuliskan rincian seperti yang dijelaskan diatas, yaitu nama perusahaan dan judul SLIP GAJI.

3. Buat Sheet Baru Lagi

Setelah mengisi tabel dengan beberapa rincian, buatlah sheet baru lagi untuk mengisi data lainnya. Seperti nama karyawan, NIK serta jabatan. Tulis juga total penerimaan gaji, total potongan, gaji bersih, penerima gaji dan pembuat slip gaji. Inilah nanti yang akan dicetak dan diberikan kepada karyawan.

Pembuatan format sheet kedua ini akan memudahkan proses pembuatan slip gaji. Dimana saat memasukkan NIK saja maka secara otomatis data yang diperlukan akan muncul sesuai yang ditulis di sheet pertama. Tentu saja semua itu hanya dapat dilakukan jika sudah memahami rumus excel vlookup, yang standar digunakan untuk rumus menghitung.

4. Rumus Slip Gaji

Slip gaji excel memiliki beberapa rumus yang harus dipahami, sehingga setelah sheet diisi dengan data yang diperlukan maka komputer yang akan menghitung hasilnya. Karena jika menghitung secara manual selain memakan waktu juga rentan dengan kesalahan. Jadi walau terlihat ruwet rumus harus dipahami dengan jelas.

Contoh ketik rumus pada cell tabel D7 yaitu =VLOOKUP(D6;’Data Karyawan’!B4:L23;2;FALSE) itu adalah rumus untuk nama. Selain itu untuk rumus lembur lakukan hal yang sama namun sebelum FALSE ganti dengan angka 4 atau sesuaikan dengan tabel yang dibuat. Lanjutkan semuanya hingga selesai.

5. Rumus PPh

Sebenarnya untuk pajak penghasilan harus disesuaikan dengan ketentuan dari perpajakan, berapa persenkan peraturannya yang harus dipotong dari gaji karyawan. Setelah semua selesai, barulah jumlahkan penerimaan dengan rumus =SUM(D12:D18) dan potongan yaitu =SUM(H12:H14). Terakhir untuk gaji bersih rumusnya (D19-H19), dimana  penerimaan dikurangi potongan, itulah hasil dari gaji bersih dan slip gaji siap dicetak.

Download Slip Gaji EXCEL WORD XLSX DOCX

Jika anda ingin mendownload Format Slip Gaji Excel yang sudah siap pakai, silahkan Klik Disini

Aplikasi Slip Gaji Online

aplikasi slip gaji online
Aplikasi Slip Gaji Online

Jika anda ingin mencetak atau membuat Slip Gaji Online, kami menyediakan aplikasi gratis untuk membuat Slip Gaji format PDF yang bisa langsung anda cetak. Silahkan kunjungi Aplikasi Slip Gaji Online.

Cart
  • No products in the cart.