Home / Blog / Contoh Slip Gaji

Contoh Slip Gaji Karyawan Yang Bisa di Edit EXCEL WORD

Contoh Slip gaji Perusahaan
Contoh Slip Gaji Sederhana Karyawan
Contoh Slip Gaji Format EXCEL WORD XLSX DOC Slip gaji merupakan sebuah salah satu komponen yang sangat penting yang wajib ada dalam administrasi sebuah perusahaan. Slip Gaji dibutuhkan oleh Karyawan sebagai bukti penerimaan gaji dan juga digunakan untuk memenuhi persyaratan tertentu seperti pengajuan kredit.
Nah, seperti apa contoh slip gaji sederhana untuk karyawan yang baik dan benar memuat informasi yang penting?
Pembuatan Slip Gaji merupakan salah satu tertib administrasi pada sebuah perusahaan, dan juga sebagai hak dokumen yang wajib diberikan kepada karyawan.
Pembuatan Slip Gaji Karyawan mungkin masih bisa dikerjakan secara manual apabila jumlah karyawan tidak terlalu banyak, namun apabila perusahaan memiliki karyawan ratusan hingga ribuan, tentunya hal ini akan menyulitkan bagi HRD.
Untuk itu saat ini banyak sekali contoh contoh slip gaji yang bisa anda jadikan referensi dalam membuat slip gaji karyawan baik dalam format EXCEL,Microsoft WORD DOCX ataupun PDF, semuanya dalam bentuk format DIGITAL.

Format Contoh Slip Gaji

Format Slip Gaji
Format slip gaji karyawan untuk tiap perusahaan bisa berbeda tergantung dari komponen-komponen yang ingin dimasukkan. Format slip gaji karyawan terdiri dari beberapa bagian yang meliputi:

1. Nama Perusahaan

Ini adalah koponen utama yang berguna untuk memastikan jika perusahaan yang membuat slip gaji karyawan itu.

2. Menyatakan Kerahasiaan Dokumen

Di bawah nama perusahaan adalah penjelasan yang menegaskan kerahasiaan slip gaji ini. Kerahasiaan tersebut bisa berupa kalimat “Private and Confidential”. Hal ini beraarti bahwa slip gaji tersebut adalah dokumen rahasia dimana karyawan yang namanya tertera di dalamnya saja yang boleh mengetahui.

3. Tanggal Pembayaran dan Data Karyawan

Selanjutnya dari format slip gaji karyawan yakni tanggal pembayaran, penjelasan sub departemen serta data karyawan. Data karyawan bisa berupa nama karyawan, nomor pegawai serta Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

4. Besarnya gaji dan jumlah potongan

Komponen berikutnya dari format slip gaji karyawan yaitu jumlah gaji dan potongan yang didapat oleh setiap karyawan. Penghasilan atau gaji meliputi gaji pokok, tunjangan serta insentif lain. Sedangkan, potongan meliputi premi kesehatan BPJS, saving plan karyawan, utang karyawan ke perusahaan serta iuran keanggotaan karyawan, contohnya ke koperasi perusahaan.

5. Keterangan lengkap pembayaran

Komponen terakhir yaitu keterangan lengkap mengenai pembayaran gaji, dimana hal ini berisi penghasilan tahun berjalan sebelum dikurangi pajak, penghasilan tahun berjalan sesudah dikurangi pajak, pajak bulan berjalan, total uang yang diperoleh karyawan dan nama bank sebagai institusi pembayar.

Komponen Contoh Slip Gaji

Ada beberapa komponen informasi yang perlu tertera dalam slip gaji. Pertama, pastikan Anda mencantumkan informasi perusahaan Anda seperti nama dan logo, alamat, dan nomor telepon.
Kemudian, cantumkan juga data pribadi karyawan yang mencakup nama, NIK, posisi dalam perusahaan, status kontrak karyawan, nomor NPWP, hingga informasi akun bank karyawan.
Hal yang terpenting adalah keterangan lengkap pendapatan atau gaji karyawan termasuk dengan fasilitas dan pemotongan, misalnya sebagai berikut.
Penting untuk juga mencantumkan periode pembayaran gaji, mengingat besaran gaji yang dapat berbeda antara bulan satu dengan bulan lainnya.

Aplikasi Slip Gaji Online

Anda juga bisa menggunakan Tools Gratis Aplikasi SLip Gaji Online untuk membuat slip gaji sesuai dengan keinginan anda. Tools ini gratis anda cukup mengisi angka dan jenis tunjangan serta potongan dan bisa langsung di download dalam format PDF. Untuk mencobanya Klik Disini.
Pakar SEO
HENDRAYULIANTO.COM Online Platform Digital Marketing seperti Search Engine Optimization,Internet Marketing, Social Media Marketing dan Tools Dakwah Islami untuk menyebarkan kebaikan.
Blog | MAS | Paket Wisata
Community SEO
Links
Contact Us
HENDRAYULIANTO.COM
Level 42, Suntec Tower Three 8 Temasek Boulevard Singapore 038988