7 Situs Kursus Online Murah Bersertifikat

Kursus Online Bersertifikat – Butuh mengisi waktu selama di rumah saja? Sederet kursus online gratis karena corona adalah jawabannya.

Memang, virus corona membuat kehidupan berjalan tidak seperti biasanya. Kamu diwajibkan tetap berada di rumah dan tidak keluar ke mana pun jika dirasa tidak terlalu penting.

Tak hanya itu, sebagian industri juga terdampak akibat virus corona. Hal ini membuat beberapa orang mungkin harus kena PHK karena corona.

Oleh karenanya, dibutuhkan aktivitas yang tak hanya mengisi waktu, tetapi juga mengasah kemampuan. Kursus merupakan salah satunya.

Apalagi, ada banyak kursus online yang bisa kamu akses secara gratis.

Pilihan tempat mempelajari semua bidang itu juga beragam, lho. Inilah rekomendasi kursus online secara gratis yang dapat kamu nikmati di rumah selama masa corona.

COURSERA

kursus online bersertifikat

Coursera merupakan platform pembelajaran online di Amerika yang didirikan oleh profesor Stanford Andrew dan Daphne Koller pada tahun 2012.

Kursus online yang satu ini menyediakan lebih dari 3.900 kursus yang dapat kamu pelajari dengan berbagai bidang, yaitu sekolah seni, data analisis, dan lain sebagainya.

Selain menyajikan kursus online gratis, Coursera juga menyediakan kursus berbayar di kursus-kursus tertentu serta tentunya mendapatkan sertifikat ketika kamu selesai mengikuti kursus.

FENDERPLAY

Mungkin bagi pencinta musik sudah tidak asing dengan Fender yang merupakan salah satu merek gitar ternama di dunia.

Kabar baiknya, Fender menyediakan kursus online untuk bermain musik lewat platform online yang bernama Fender Play.

Kursus online gratis ini wajib dicoba untuk kamu yang senang musik, karena kamu dapat belajar memainkan, gitar, bass, dan ukulele saat wabah corona.

Fender Play hanya gratis dalam tiga bulan pertama saja untuk pengguna baru. Namun, setelah itu kamu dapat membatalkannya jika kamu tidak ingin melanjutkannya lagi.

ALISON

Alison menyediakan kursus gratis dari platform Google dengan berbagai macam kategori kursus yang tersedia, mulai dari kesehatan, bisnis, matematika, dan lain-lain.

Selain itu, Alison juga menyediakan tipe kursus yang bermacam-macam, seperti kursus bersertifikat, kursus diploma dan belajar secara bertahap.

Jika kamu tertarik dengan perusahaan Google, tidak ada salahnya untuk mulai kursus online lewat Alison.

EDX

Apakah kamu sudah merasa suntuk dan bosan berada di rumah selama virus corona?

Mungkin kamu harus mempertimbangkan untuk mengembangkan diri mengikuti kursus-kursus online dari edX.

Dengan edX, kamu dapat mengakses lebih dari 2.500 kursus dengan berbagai bidang yang disajikan, seperti seni, budaya, ilmu komputer, bisnis, manajemen, desain, dan lain sebagainya.

Sudah banyak profesional yang ikut dalam platform kursus online ini. Secara khusus, edX telah bekerja sama dengan 140 institusi di dunia.

Tak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba kursus online ini ketika masa pandemi virus corona karena ada program yang bersifat gratis.

CLASS CENTRAL

Class Central dikenal dengan kursus online nomor satu di dunia. Bagaimana tidak, Class Central menyajikan beragam kursus online di berbagai macam bidang.

Dilansir dari Parade, Class Central menyajikan kursus online secara gratis yang tidak ada habisnya, bahkan sampai saat ini sedang berlangsung wabah virus corona.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kursus online dari Class Central berbagai macam topik, seperti seni dan desain, sastra, bisnis, dan masih banyak lagi.

Kursus online gratis ini tentu cocok menemani kamu ketika sedang menjalani masa karantina karena corona.

INDONESIAX

IndonesiaX hadir dengan beragam pilihan materi dalam bahasa Indonesia maupun Inggris.

IndonesiaX juga menggandeng institusi dan instansi terkemuka, termasuk Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Terbuka, Institut Teknologi Bandung, Bank Negara Indonesia, NET TV, dan lain-lain.

Walaupun kursus di IndonesiaX ini gratis, namun kita perlu membayar biaya administrasi untuk mendapatkan sertifikat. Kamu dapat mengaksesnya melalui https://indonesiax.co.id.

UDEMY

Rekomendasi terakhir kursus online yang bisa kamu coba yakni berasal dari Udemy. Berdiri sejak 2010 di Amerika, Udemy telah memiliki lebih dari 50 juta siswa dengan lebih dari 57 ribu instruktur di seluruh dunia.

Ada berbagai macam kursus keterampilan online yang disediakan seperti bidang marketing, keuangan, IT, desain, fotografi dan sebagainya.

Sejak tahun lalu, EKRUT telah berkolaborasi dengan Udemy menghadirkan kursus online bersertifikat dengan harga yang bersaing. Kamu bisa menggunakan link yang tersedia di EKRUT untuk mengaksesnya.

Tak perlu bingung memilih jenis kursus yang diinginkan, pasalnya ada ratusan ribu kursus yang bisa kamu ikuti di sini.

Terlebih setelah kamu berhasil mengikuti kursus online ini, kamu juga akan mendapatkan badge di profile EKRUT mu yang akan menambah nilai di mata perusahaan yang tertarik untuk merekrutmu.