br />




Home Belajar Digital Marketing Untuk Pemula

Digital Marketing Strategi,Panduan Belajar Untuk Pemula

Digital marketing strategi adalah strategi dari penjualan dan cara promosi suatu produk barang atau jasa dengan memanfaatkan teknologi sebagai media promosi atau periklanan.

Pengertian Digital Marketing

Hal apa yang pertama yang terpikir dalam kepala anda mengenai digital marketing? Apakah bersangkutan dengan strategi marketing yang bersangkutan dengan aplikasi di smartphone anda? Digital marketing adalah jenis kegiatan yang melakukan penjualanan atau promosi periklanan didalam media elektronik. maka dari itu, segala jenis periklanan yang dilakukan dengan memanfaatkan media seperti televisi dan radio sejak bertahun-tahun yang lalu, juga merupakan bagian dari digital marketing.
Akan tetapi mengapa istilah “digital” didalam marketing ini baru trend belakangan ini? Jawabannya mudah, dikarenakan dalam beberapa tahun kebelakang ini jumlah yang menggunakan alat elektronik (smartphone) sangat meningkat. telfon pintar (dan internet) telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan banyak orang. Marketing sendiri pada awalnya adalah usaha untuk melakukan interaksi dengan para pembeli atau target pasar, kita juga bisa dengan mudah menjumpai mereka di internet, dan pada akhirnya muncullah dengan istilah digital marketing.

Konsep Digital Marketing

Perlu ditekankan lagi bahwa digital marketing itu merupakan upaya melakukan periklanan atau promosi dengan memanfaatkan media elektronik termasuk televisi dan radio. Saat ini, konsep ini lebih banyak dikenal dengan upaya promosi dengan cara online. dibawah ini adalah beberapa strategi yang biasa digunakan dalam suatu konsep marketing ini:
Beberapa jenis strategi dan taktik digital marketing tersebut pada dasarnya mempunyai tujuan yang sama yakni mempromosikan jasa atau produk untuk meningkatkan ketenaran produk yang akan meningkatkan jumlah pembelian. Sampai saat ini bisa dibilang bahwa setiap pelaku usaha melakukan konsep tersebut untuk memasarkan suatu produk. Semua strategi itu bisa dilakukan dengan cara independen ataupun bisa pula dengan memanfaatkan jasa pemasaran digital.

Keunggulan Digital Marketing

Strategi marketing ini mengapa sangat populer? dikarenakan strategi yang satu ini menawarkan banyak keunggulan, terlebih jika dibandingkan dengan menggunakan teknik marketing konvensional. Beberapa keunggulan yang bisa didapatkan Digital marketing:
  1. Biaya yang terjangkau
  2. Digital Marketing Menjangkau kepada Target Pasar yang Tepat
  3. Akurat nya Hasil Pengukuran Digital Marketing
  4. pasaran akan menjadi lebih kompetitif jika menggunakan digital marketing
  5. merubah strategi dan taktik pasaran akan lebih mudah
  6. Mampu Menjangkau Dengan lebih luas pada target pasar

Panduan Belajar Digital Marketing

Hal yang sangat mendasar yang wajib dikuasai oleh seorang yang ingin belajar digital marketing hinga menjadi seorang digital marketing yang profesional yaitu bisa membuat sebuah konten berupa tulisan. Karena dari konten itulah nantinya akan sangat dibutuhkan seluruh channel dalam strategi penjualan digital. Jika kamu belum bisa untuk menulis artikel yang baik maka silahkan baca tentang cara untuk membuat konten yang menarik. Dengan mempunyai modal kemampuan untuk menulis suatu konten yang baik, anda sudah bisa melakukan pelajaran tentang penjualan digital seperti dibawah ini:
Search Engine Optimization (SEO) atau yang lebih dikenal dengan nama Search Engine Optimization adalah salah satu cara agar mengoptimasi website dipencarian Google agar posisinya berada pada halaman yang pertama. Dengan ada dihalaman pertama pencarian, maka anda akan dapat kunjungan website lebih banyak hingga potensi untuk jasa dan barang yang Anda punyai semakin besar terjual.
2 teknik SEO yang saat ini berkembang yaitu teknik SEO Off Page dan teknik SEO On Page. Perlu kamu ketahui bahwa teknik ini tidak akan bisa dikerjakan secara cepat, perlu waktu yang cukup lama untuk membuat dari awal. Akan tetapi apabila SEO nya sudah jadi, kamu tinggal fokus kepada teknik lain nya di dalam digital marketing.

Social Media Marketing (SMM)

Media Marketing merupakan salah satu hal yang kamu lakukan dimana kamu bisa mempromosikan jasa dan barang yang kammu miliki dengan cara menggunakan akun media sosial. Secara definisi tentu terlihat simple, akan tetapi untuk strategi ini tidaklah terlihat sesimpel yang kamu bayangkan. Kamu bukan hanya Cuma mempunyai media sosial untuk bisnis saja, akan tetapi kamu perlu mempunyai cara lain dalam membuat sebuah konten agar dapat diterima oleh orang banyak.
Agar cara SMM pada penjualan digital Kamu akurat, kamu perlu untuk melakukan uji coba dulu tentang selera pasar, sasaran persaingan produk dan market. Apabila sudah dapat hasilnya tinggal di implementasi kepada akun media sosial bisnis kamu contoh nya Whats’App, Instagram, Facebook, Twitter,Youtube dan lain lain nya.

Content Marketing

Salah satu cara digital marketing adalah content marketing. Cara ini termasuk kedalam yang mendistribusikan konten dan membuat konten pada konsumen yang relevan kepada bisnis yang kamu jalani saat ini. Dalam content marketing mempunyai 3 hal yang penting yang pertama mendatangkan traffic, lalu penjualan dan meningkatkan kepercayaan. Untuk kamu yang belum mengetahui silahkan buka artikel cara konten penjualan untuk bisnis.

Email Marketing

Email marketing adalah suatu teknologi yang memanfaatkan layanan surat elektronik untuk kegiatan periklanan atau promosi dengan target konsumen yang tepat. Cara ini sudah terbukti lebih efektip dikarenakan email yang sudah masuk akan sesuai dengan keuntungan dari produk jasa atau barang yang akan dijual. Selain daripada itu untuk melakukan sasaran target konsumen akan lebih mudah jika mempunyai database email pelanggan.
Untuk kamu yang mengelola sampai ribuan email lis, sepertinya harus menggunakan tool surat elektronik marketing yang akan memudahkan kamu dalam mengatur list email yang dipunyai. Bahkan ketika tahun 2017 data surat elektronik yang sudah terkirim telah mencapai 205 miliar dan 120 miliar email berasal dari penjualan surat elektronik.
Pay Per Click (PPC) Iklan jenis PPC ini Nampak nya sekarang telah banyak diminati. kamu akan hanya disuruh untuk membayar sesuai iklan yang telah diklik oleh target pembeli kamu. Jadi untuk segi budget dari digital marketing tidak akan membuang buang anggaran yang banyak. Iklan model PPC ini juga sudah terbukti lebih unggul dan terfavorit baik dari segi manapun bila dibandingkan dengan model iklan konvensional.
Cara Sistem perikanan PPC (Pay Per Click) ini juga bisa kamu jumpai pada penyedia yang menawarkan layanan iklan terkenal saat ini contohnya Google, Facebook, Youtube, Instagram ,Aplikasi Android, dan lainnya.

Kesimpulan

Perlu dicatat bahwa penjualan digital ini semakin kesini maka akan semakin penting bagi para pembisnis, telah terbukti bahwa digital marketing ini sudah meningkatkan omset penjualan serta keuntungan bisnis.karena itu mulai sekarang kamu perlu belajar lebih banyak tentang panduan dan cara lengkap belajar digital marketing untuk para pemula diatas serta mencari pembelajaran digital marketing yang lain nya. Itulah pengertian, konsep serta keunggulan menggunakan digital marketing strategy. Semoga bisa menjadikan inspirasi buat kita semua. Terima kasih

Download E-Book Digital Marketing GRATIS