Home Blog Cara Bikin Tempe Orek

5 Langkah Cara Bikin dan Resep Tempe Orek Kering dan Basah

tempe orek

Tempe Orek

Resep Tempe OrekTak hanya harganya yang murah, tempe juga mudah dicari dan ditemukan di pasar membuat setiap warteg pasti menjajahkan menu yang satu ini. Selain itu, porsinya menjadi banyak ketika dimasak. Sejarawan makanan, Fadly Irawan menjelaskan lebih jauh bahwa sebenarnya tidak hanya tempe orek saja yang selalu ditemui di warteg, tetapi varian menu tempe lainnya seperti tempe mendoan.
Ia menjelaskan tempe sendiri merupakan makanan khas Jawa Tengah sehingga varian tempe pasti dijajakan di setiap warteg. "Sebenarnya tempe ini makanan khas Jawa Tengah yah, jadi di setiap warteg pasti akan ditemui sajian tempe, misalnya tempe mendoan, orek tempe, tempe goreng, dan varian masakan tempe lainnya," kata Fadly .
Biasanya, tempe orek disajikan dengan dua jenis yaitu orek tempe basah dan orek tempe kering. Orek tempe basah sendiri dimasak dengan tempe dipotong dadu lalu digoreng, setelah itu dimasak dengan kecap dan diberi potongan cabai merah. Mirip dengan orek tempe basah, orek tempe kering dimasak dengan dipotong kecil-kecil lalu digoreng kering. Orek tempe basah cenderung lembut ketika digigit dan orek tempe kering ketika digigit renyah. Rasanya juga manis dan pedas nikmat bila dipadukan dengan nasi panas dan segelas es teh manis.

Resep Tempe Orek Pedas Manis

Bahan-bahan

Cara Membuat Tempe Orek Pedas Manis

  1. Siapkan semua bahan orek. Iris bawang putih, potong tempe, memarkan lengkuas dan iris cabai.
  2. Haluskan semua bumbu halus.
  3. Goreng tempe setengah matang.
  4. Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan lengkuas dan daun salam, tumis sebentar.
  5. Masukkan tempe, kaldu ayam bubuk, gula, garam dan air. Aduk rata.
  6. Terakhir Masukan kecap manis dan saos sambal, aduk kembali, biarkan meresap dan mengering (uji rasa) Angkat.
  7. Orek Tempe Pedas Manis siap disajikan. Selamat mencoba
Catatan : Masukan Kecap dan saos sambal saat posisi air sedikit mengering, baru lanjut dikeringkan benar-benar kering.

Resep Tempe Orek Kering

Bahan utama:
Bumbu:

Cara membuat tempe orek kering

1. Panaskan minyak, goreng tempe hingga berwarna kuning dan kering. Angkat dan tiriskan. Campurkan semua bumbu dalam wajan. Masukkan lengkuas dan daun salam.
2. Masak bumbu hingga mendidih dan agak kental. Masukkan tempe, cabai merah, bawang merah dan putih goreng. Aduk rata, angkat dan dinginkan. Baca juga: Resep Tempe dan Tahu Bacem Spesial, Tanpa Digoreng Juga Enak
3. Kemudian jika kamu ingin menyimpannya untuk stok lauk, masukkan ke dalam toples atau wadah yang tertutup rapat. Kamu juga bisa menyajikan hangat-hangat.