Home Blog Contoh cerpen singkat tentang kehidupan sehari hari

Contoh cerpen singkat tentang kehidupan sehari hari

Gara-gara Kalkulus

Dinginnya pukul empat pagi tidak mengalahkan semangatku untuk menaklukkan sederet angka matriks yang sudah ku ulik sejak pukul sepuluh malam dengan ditemani lagu Mariah Carey yang ku putar berulang-ulang. Aku sama sekali belum tidur, aku sudah bertekad untuk mendapatkan nilai seratus pada ujian kakulus pada pukul tujuh pagi hari ini. Aku sudah kesal diejek oleh teman-temanku karena selalu mendapatkan nilai nol pada setiap ujian.

“Ah, akhirnya konsepnya sudah aku kuasai sepenuhnya! Lihat saja, nilai 100 pasti aku dapatkan!” Ujarku tanpa sadar dengan setengah berteriak. Seketika itu, Adzan pun berkumandang, aku segera memenuhi kewajibanku dan berangkat ke surau dekat rumah.

Ayam pun berkokok, menyambut mentari pagi yang mulai menampakkan sinarnya. Dan seorang lelaki menuju dewasa masih tertidur dengan manis diatas kasurnya, lengkap dengan peci dan sarungnya.

“AAAAAAAARGHH! Jam berapa ini?! Hah, jam delapan?! Apa kabar ujian kalkulusku?” Aku mengerang panik, tak tahu harus menyalahkan siapa. Aku tahu jelas bahwa meskipun aku berlari ke sekolah sekarang, ujian matematika pasti sudah selesai dan aku akan menjadi bulan-bulanan teman sekelasku lagi.

“Ah sudahlah, bagaimanapun aku harus berangkat ke kampus” hati kecilku memaksa untuk tetap berangkat ke kampus meski aku tahu Pak Suripto tak akan pernah mengizinkan siapapun masuk ke kelasnya jika terlambat semenit pun.

Aku pun berlari ke kampus. Tapi.. kok kampus sepi sekali ya?

“Eh, ada bang Tofun, ngapain bang minggu-minggu adem gini ke kampus?” sapa Pak Hamid, petugas keamanan di kampus.

“Apa pak? Hari ini hari minggu?!” timpalku tak percaya.

Naas, sudah semangat 45 untuk ujian kalkulus, rupanya aku salah lihat kalender lagi.