Manfaat dan Harga Tanaman Porang 2021

Porang atau Tanaman Porang adalah tanaman jenis umbi-umbian yang termasuk kedalam spesies Amorphophallus Muelleri Blume. Dikutip dari sulsel.litbang.pertanian.go.id, umbi porang mengandung zat glucomanan atau zat dalam bentuk gula kompleks dan serat larut yang berasal dari ekstrak akar tanaman.

Siapa yang tidak kenal tanaman hits satu ini? Ya, Porang menjadi tanaman ekspor yang sekarang ini banyak digandrungi oleh banyak orang. Mungkin saja termasuk Anda yang ingin memulai agribisnis porang dan ingin mengetahui harga umbi porang terupdate.

Porang memang saat ini sangatlah potensial, terlebih memang pasarnya sekarang manca negara. Sebenarnya tanaman yang sering disebut mirip suweg ini, sudah lama ditanam dibeberapa daerah di Pulau Jawa.

Namun sejak tahun 2019, pamornya meningkat sebab ada salah satu petani asal Madiun yang menviralkan tanaman yang hidup didekat hutan jati ini.

pohon tanaman porang

Tanaman porang memang sekilas memang tidak terlihat potensinya, memang umbi porang yang tersimpan didalam tanah. Walaupun begitu harganya saja bisa mendatangkan pundi-pundi keuntungan berlipat.

Bahkan sekarang ini, banyak orang melirik salah satu jenis agribisnis ini. Terlebih banyak orang juga mencoba peruntungan yang mendulang banyak rupiah.

Sebelumnya Porang banyak dijadikan sebagai makanan alternatif selain nasi. Namun saat ini Porang juga diekspor ke luar negeri untuk kebutuhan bidang industri, kesehatan, dan makanan.

Dilansir pertanian.magelangkota.go.id, porang merupakan komoditas pertanian yang mulai dilirik untuk dikembangkan secara luas. Produk komoditas ini mempunyai manfaat, yakni sebagai bahan baku kosmetik, lem, dan jelly.

Kemudian, sebagai bahan pangan rendah kalori dan dapat dengan mudah diolah menjadi bahan pangan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga  Contoh Bon Faktur,Ini Perbedaanya Dengan Kwitansi

Manfaat Tanaman Porang

Bahan Filter Obat

Berkat kemampuannya mengembang hingga 200 kali dari sebelumnya, menurut Edi, hal itu membuat porang sering dijadikan sebagai bahan campuran filer obat. Filer obat adalah bahan tambahan dalam obat yang berguna untuk membantu mendistribusikan obat yang dikonsumsi ke seluruh tubuh. “Jika dijadikan pengisi (obat) maka penyebaran (obat) bisa sangat cepat mengembang,” ujarnya.

Efektif Untuk Diet

Kandungan karbohidrat glukomanan pada porang menjadi salah satu penyebab tanaman ini dibanderol dengan harga mahal. Saat dikonsumsi, karbohidrat glukomanan tidak mudah dicerna karena zat tersebut merupakan nutrisi yang tergolong karbohidrat rantai panjang. “Karena sifatnya (tanaman porang) tidak dapat dicerna dengan baik, maka kalau ingin diet, berarti perbanyak makan porang,” terangnya.

Bahan Negatif Film

Porang bisa membuat lapisan negatif film yang sangat tipis, transparan, dan bahkan kedap air. Bahkan, Edi menambahkan, bagian kedap air pesawat terbang pada masa lalu dipercaya terbuat dari tanaman porang. Akan tetapi, perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat porang ini.

Menurunkan Gula Darah dan Kolestrol

Selain bermanfaat untuk diet, tanaman porang juga dapat dijadikan sebagai sumber makanan sehat. Tanaman porang dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, mengatasi sembelit, bahkan dapat mencegah kanker. Dikutip dari situs Balai Penelitian tanaman Aneka Kacang dan Umbi melalui, tanaman porang mengandung banyak karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin, kristal, kalsium oksalat, alkaloid, dan serat pangan.

Harga Porang Terbaru 2021

Jenis Umbi PorangKisaran Harga Per Kg
Porang BasahRp.10.000,- sampai Rp.13.000,-
Porang KeringRp. 55.000,- sampai Rp. 65.000,-

Keterangan tabel:

  • Harga diatas dapat berubah sewaktu-waktu tergantung intensitas musim.
  • Sumber harga bukan dari tengkulak atau pengepul.
  • Daerah atau wilayah Anda berasal, menentukkan perbedaan harga.
Baca Juga  Contoh Bon Faktur,Ini Perbedaanya Dengan Kwitansi

Harga Porang Basah

Porang basah yaitu porang yang langsung dipanen dan dijual tanpa diolah terlebih dahulu. Bentuknya dalam bentuk umbian, harganya berkisar antara 10 ribu sampai 13 ribu. Ini meningkat tajam hingga 2 kali lipat. Sebab pada tahun 2019 berkisar pada harga 6 ribuan sampai 8 ribuan.

Harga Porang Kering

Untuk harga porang kering berasal dari olahan umbi porang basah yang dikeringkan, kebanyakan petani juga mengolahnya terlebih dahulu sebelum menjualnya. Sebab dari segi harga lebih mahal dan menguntungkan, sama halnya dengan umbi porang basah yang harganya meningkat 2 kali lipat.

Sebelumnya berkisar antara harga 30 ribuan, sekarang ini berada pada harga 55 ribuan bahkan berkisar 65 ribuan. Sangat fantastis harga porang kering ini, maka tak heran banyak petani juga mengolahnya sebagai irisan kering terlebih dahulu agar lebih menghasilkan keuntungan lebih.

Bagaimana Anda lebih suka menjual dengan harga porang basah atau harga porang kering?

Tak perlu bingung untuk menjual hasil panen porang Anda, maupun ingin update harga porang dengan mudah langsung dari petani porang.

Jual Porang Online

Menjual hasil panen dengan mudah dan terhubung dengan calon pembeli dari penjuru dunia? Tentu menjadi impian setiap petani. Hal inilah yang menjadikan Anda harus lebih memilih memasarkan secara online.

Pastikan Anda sendiri yang menentukkan harga jual yang sesuai kualitas dan keinginan pasar, mungkin diantara Anda ada yang menjual hasil panen porang di social media atau marketplace.

Kini ada satu aplikasi agribisnis yang memudahkan pelaku agribisnis untuk bertemu, tanpa potongan biaya admin maupun potongan harga.

Anda bisa bernegosiasi bebas dengan calon pembeli, petani porang maupun menjalin kemitraaan secara gratis.

Baca Juga  Contoh Bon Faktur,Ini Perbedaanya Dengan Kwitansi

Aplikasi Porang Online menjadi salah satu jawaban pasti untuk semua pelaku agribisnis, dan untuk Anda petani porang maupun calon pembeli hasil panen porang.

Dengan mudahnya melakukan transaksi, dan mendapatkan harga tangan pertama.

Cart
  • No products in the cart.