Home

Jual Ikan Cupang Hias

5 Jenis Ikan Cupang Hias Berdasarkan Bentuk Ekornya

Ikan cupang Betta Splendess, merupakan jenis ikan air tawar yang bandel dan mudah dipelihara. Banyak penjual yang menjajakan ikan cupang dalam botol-botol kaca keliling kampung atau di pasar-pasar dan dijual per ekor Rp 10.000. Tanpa aerator atau alat sirkulasi udara dan air yang minim ikan cupang tetap bisa hidup.
Ikan cupang ini banyak ditemui di kawasan Asia Tenggara, seperti Indonesia, Thailand, Brunei, Malaysia, Singapura hingga Vietnam. Ukuran ikan cupang mungil dengan warna-warni sisik yang menarik, membuat banyak orang jatuh hati. Apalagi tak perlu repot memeliharanya.
Di kalangan penggemar ikan hias dikenal 3 janis ikan cupang. Ikan cupang hias, ikan cupang adua dan ikan cupang liar. Sedangkan ikan cupang asli Indonesia adalah Betta channoides yang berasal dari Pampang, Kalimantan Timur.
Berikut ini adalah 5 Ikan Cupang Hias Yang Populer di Indonesia dibagi berdasarkan bentuk ekornya.
1. CUPANG PLAKAT
Ikan Cupang Plakat
Ikan cupang jenis ini bersirip pendek dan sejak anakan sudah mahal harganya, per ekor Rp 200.000. Kecantikan ikan ini terletak pada gradasi warnanya yang sangat indah karena merupakan 3 demensi warna. Keindahannya terlihat saat ikan ini berlenggang lenggok di dalam akuarium.
Sesuai dengan namanya fancy maka warna-warni merupakan kelebihan ikan ini. Saat sudah besar ikan cupang fancy ini bisa terjual hingga Rp 2.000.000 per ekor. Orang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa menikmati keindahan warnanya.
2. CUPANG DOUBLE TAIL
Ikan Cupang Double Tail
Sesuai dengan namanya ikan ini memiliki ekor yang seperti terbelah dua dengan masing-masing memiliki gradasi warna berbeda. Karenanya keindahan warna belahan ekor ini bisa membuat harganya mahal.
Jenis ikan cupang ini agak sulit dikembangbiak karena tak mudah ditemui di pasaran. Selain itu juga rentan terhadap penyakit. Harga ikan cupang double tail anakan Rp 50.000 dam juara bisa mencapai Rp 1.200.000 per ekor.
3. CUPANG HALFMOON
Ikan Cupang Halfmoon
Keindahan juntaian ekor ikan cupang halfmoon ini memikat siapapun yang melihatnya. Sesuai dengan namanya ekor dan sirip ikan ini berbentuk bulan separo atau setengah. Bentangan ekornya akan membentuk lingkaran setengah lingkaran.
Ikan ini juga berasal dari Thailand dan dikembangkan oleh Peter Boethhner dari Amerika Serikat pada tahun 1980 an. Ikan cupang jenis ini memang sering dikawin silang dengan ikan cupang plakat. Harga anakannya Rp 40.000 dan harga ikan cupang halfmoon juara bisa mencapai Rp 500.000 per ekor.
4. CUPANG CROWN TAIL ( CUPANG SERIT)
Ikan Cupang Serit
Cupang crown tail menjadi mendunia karena variasi keindahannya. Disebut crown tail atau ekor mahkota, karena bila dibalik menghadap ke atas serit-serit pada ekornya terlihat seperti mahkota raja.
Jenis ikan cupang ini banyak sekali dikoleksi orang banyak karena hasil breeder yang cukup langka.