kembali Untung Besar dari Bisnis Rumahan Jasa Penerjemah Bahasa Inggris
Untung Besar dari Bisnis Rumahan Jasa Penerjemah Bahasa Inggris
untung-besar-dari-bisnis-rumahan-jasa-penerjemah-bahasa-inggris

Analisa Peluang Bisnis Rumahan Jasa Penerjemah Bahasa Inggris - Salah satu tuntutan persaingan global sekarang ini adalah kemampuan bahasa inggris yang mumpuni. Apabila kita dapat berbahasa inggris dengan lancar dan cas cis cus, maka salah satu peluang bisnis yang bisa ditangkap adalah membuka jasa penerjemah bahasa inggris. Peluang usaha jasa penerjemah bahasa inggris ini bisa dibilang masih menjadi peluang usaha yang menjanjikan dan dapat mendatangkan keuntungan besar. Karena masih banyak perusahaan maupun individu yang membutuhkan jasa para penerjemah bahasa inggris.

Modal untuk membuka usaha jasa penerjemah bahasa inggris ini juga tidaklah terlalu besar, karena modal utamanya adalah kemampuan berbahasa inggris kita sendiri. Kita pun juga bisa mengajak teman-teman kita yang mahir dalam berbahasa inggris untuk sama-sama merintis usaha ini. Di awal merintis usaha, jasa penerjemah bahasa inggris bisa menjadi usaha sampingan dulu untuk kita. Berikut ini Analisa Peluang Bisnis Rumahan Jasa Penerjemah Bahasa Inggris yang barangkali dapat anda jadikan referensi sebelum terjuan dalam bisnis ini.

Sebelum kita memulai usaha jasa penerjemah bahasa inggris, ada ha-hal yang harus dipersiapkan sebelumnya, antara lain :

•    Persiapkan kemampuan bahasa inggris kita terlebih dahulu. Review grammar dan aturan-aturan (tata bahasa) lainnya yang sekiranya perlu.

•    Cari beberapa teman yang mempunyai kemampuan berbahasa inggris yang baik. Ajaklah untuk merintis usaha bersama, atau minimal jadikan back up untuk membantu kita saat kita kelebihan order.

•    Survey tingkat persaingan usaha jasa penerjemah bahasa inggris yang lain di sekitar daerah kita. Amatilah bagaimana mereka bekerja dan bagaimana mereka bisa mendapatkan klien. Terapkan hal-hal yang sekiranya bisa kita pakai untuk perkembangan usaha kita sendiri.

•    Siapkan strategi pemasarannya.

Analisa Bauran Pemasaran (4p) Dalam Bisnis Rumahan Usaha Jasa Penerjemah Bahasa Inggris

Analisa bauran pemasaran atau yang biasa disebut dengan 4P akan kita gunakan untuk melihat gambaran umum usaha jasa penerjemah bahasa inggris ini. Yuk kita bahas bersama-sama :

•    Product (produk)

Produk dalam usaha kali ini adalah produk jasa, yaitu kita menyediakan jasa penerjemah untuk bahasa inggris. Karena ini adalah produk jasa, maka kualitas dan pelayanan menjadi nomer satu dalam usaha ini. Perhatikan setiap terjemahan yang sudah kita lakukan, review lagi untuk memberikan hasil yang maksimal bagi klien kita. Selain itu, layani setiap permintaan dari klien dengan baik dan ramah. Keramahan bisa menjadi senjata bisnis tersendiri yang bisa kita andalkan.

•    Place (lokasi)

Lokasi untuk merintis usaha ini sebenernya fleksibel. Apabila kita mau menjalankan usaha jasa penerjemah bahasa inggris ini secara online maka kita tidak perlu membuat kantor tersendiri. Kita cukup berpromosi secara online, lalu kita jemput bola. Jemput bola maksudnya kita bisa temui secara langsung klien kita di tempat mereka lalu kita ambil berkas yang ingin diterjemahkan (karena kita tidak punya kantor hehe). Tapi juga tidak ada salahnya bila kita ingin membuka kantor secara offline untuk usaha jasa penerjemah bahasa inggris kita. Pilih lokasi yang dekat dengan target market kita, supaya bisa menjadi bagian dari promosi dari papan nama usaha kita.

•    Promotion (promosi)

Ada beberapa promosi yang bisa kita lakukan untuk mengenalkan sekaligus meningkatkan permintaan jasa penerjemah bahasa inggris kita. berikut beberapa di antaranya :

        Pasang promosi melalui internet. Kita bisa membuat website sendiri yang bagus untuk membuat usaha jasa penerjemah bahasa inggris kita tampak profesional. Karena usaha ini adalah usaha dalam bidang jasa, mempunyai website yang bagus dan profesional akan sangat mendukung dalam meningkatkan keercayaan klien kepada kita.

        Ajukan proposal penawaran kepada perusahaan-perusahaan yang sekiranya membutuhkan jasa kita.

        Layani permintaan terjemahan bahasa inggris dari luar kota secara online. Kirim file bisa melalui email untuk kita terjemahkan.

        Sebarkan informasi jasa penerjemah bahasa inggris kita dalam forum-forum tertentu. Jangan lupa juga untuk menginformasikan kepada teman-teman kita sendiri. Siapa tau dengan informasi dari mulut ke mulut, kita juga bisa mendapatkan klien.

•    Price (harga)

Menentukan berapa harga terjemahan bahasa inggris kita sebaiknya juga harus melakukan survey terlebih dahulu harga yang ada dipasaran. Jangan sampai harga yang kita patok terlalu mahal atau terlalu murah. Untuk awal-awal usaha, bolehlah kita memberikan harga yang murah. Tapi tetap usahakan hasil terjemahan bahasa inggris kita juga bagus, lalu minta testimoni dari hasil terjemahan bahasa inggris kita tersebut. Testimoni yang baik bisa menjadi powerfull untuk promosi nantinya.

Sedangkan untuk analisa modal usaha jasa penerjemah bahasa inggris dan proyeksi laba rugi nya, berikut ini adalah gambarannya :

A. Modal awal

Peralatan

Komputer 2 unit                                                                      6.000.000

Printer dan scanner                                                                 1.500.000

Meja dan kursi                                                                                       300.000

Berbagai kamus dan buku bahasa inggris                               2.000.000

Jumlah =                                                                                  9.800.000

Peralatan usaha akan mengalami penyusutan (depresiasi) selama 4 tahun dengan nilai residu (sisa) sebesar 1.000.000 dengan menggunakan penyusutan metode garis lurus. Jadi biaya penyusutan pertahun 9.800.000 – 1.00.000 dibagi dalam 4 tahun menjadi 2.200.00/ tahun atau sama dengan 183.333 / bulan.

Perlengkapan Promosi 250.000

Lain-lain                                  100.000

Jumlah                                     350.000

B. Perhitungan laba rugi perbulan

- Pendapatan

Asumsi terjemahan buku 200 halaman per pelanggan Rp 10.000 x 200 x 2 klien = 4.000.000

- Biaya-biaya

Biaya listrik dan telepon                                    300.000

Biaya kertas dan tinta                                        400.000

Biaya transportasi                                              300.000

Biaya perlengkapan                                            350.000

Biaya penyusutan peralatan                               183.333

Jumlah biaya  =                                               1.533.333

Laba bersih      =          2.466.667

Asumsi: perhitungan di atas diasumsikan menggunakan rumah sendiri untuk lokasi usaha sehingga tidak ada biaya sewa lokasi usaha jasa penerjemah bahasa inggris. Apabila ada perubahan harga atau yang lainnya, silahkan disesuaikan dengan kondisi yang terbaru. Harga jasa penerjamahan bahasa inggris juga disesuaikan kembali untuk pendapatkan laba yang diinginkan.

Analisa Swot Bisnis Rumahan Usaha Jasa Penerjemah Bahasa Inggris

        Faktor Internal - Strenght (Kekuatan) & Weakness (Kelemahan)

        Hasil terjemahan yang baik

        Pelayanan yang ramah

        Usaha yang belum dikenal

        Deadline yang seringkali mepet

Faktor Eksternal - Opportunity (Peluang) & Treatment (Ancaman)

        Banyak perusahaan maupun individu yang memerlukan terjemahan bahasa inggris

        Adanya pesaing lain

        Cancel orderan yang sudah diterjemahkan susah payah

        Strategi Bisnis Rumahan usaha Jasa Penerjemah Bahasa Inggris Yang Bisa Dilakukan Berdasarkan Analisa Swot

Berdasarkan analisa SWOT di atas, ada beberapa strategi bisnis yang bisa kita terapkan untuk mengembangkan usaha jasa penerjemah bahasa inggris. Diantaranya adalah sebagai berikut:

•    Untuk membuat klien lebih percaya lagi pada usaha jasa penerjemah bahasa inggris kita, urus ijin akreditasi penerjemah. Bila kita mempunyai ijin akreditasi sebagai penerjemah, maka apa yang kita lakukan akan resmi dan legal. Selain itu, dengan mencantumkan surat ijin akreditasi penerjemah dapat membuat usaha kita terlihat lebih profesional.

•    Ikuti tarif standar untuk jasa terjemahan bahasa inggris. Untuk awal usaha, kita bisa membuat promo harga murah dengan tujuan repeat order dari klien tersebut. Tapi ingat, walaupun kita memberi harga yang murah, kualitas yang kita berikan dari hasil terjemahan harus tetap yang terbaik.

•    Gunakan testimoni klien-klien yang puas dengan hasil teremahan kita. Cantumkan logo-logo perusahaan yang pernah bekerja sama dengan usaha jasa penerjemah bahasa inggris kita. Hal ini sebagai bukti bahwa hasil terjemahan kita memuaskan dan kita juga dipercaya oleh berbagai instansi atau perusahaan.

Peluang usaha jasa penerjemah bahasa inggris sebenarnya bisa kita rintis dengan modal kecil. Apabila kita masih menjadi mahasiswa, usaha menjadi penerjemah bahasa inggris bisa menjadi usaha sampingan yang bisa membantu biaya kuliah kita. Hanya dengan modal laptop/komputer saja, usaha ini sudah bisa jalan. Asal dilakukan dengan serius dan terjemahan kita bisa bagus, menyediakan jasa penerjemah bahasa inggris bisa menjadi usaha yang menjanjikan untuk di jalankan. Demikianlah tadi Analisa Peluang Bisnis Rumahan Jasa Penerjemah Bahasa Inggris, semoga bermanfaat untuk para pembaca. Salam sukses!

09/08/2020 1:34:13
sudah dibaca oleh 390 pengunjung
KUIS ONLINE BERHADIAH
UANG TUNAI 500rb
Ikut Kuis
pemenang kuis

Artikel Lainnya