kembali Pengertian Surat Paklaring Serta Manfaatnya Bagi Karyawan Berhenti Bekerja
Pengertian Surat Paklaring Serta Manfaatnya Bagi Karyawan Berhenti Bekerja
pengertian-surat-paklaring-serta-manfaatnya-bagi-karyawan-berhenti-bekerja-
Apa itu paklaring? Kemudian apa manfaat dan kegunaan dari surat paklaring tersebut?

Paklaring, yang kadang disebut juga surat rekomendasi dan surat referensi, atau surat pengalaman kerja, adalah surat yang diberikan oleh perusahaan kepada seorang mantan karyawan, yang berisi keterangan bahwa orang tersebut pernah bekerja mulai dari tanggal bulan dan tahun sekian-sekian, kemudian telah resmi berhenti bekerja pada tanggal bulan dan tahun sekian-sekian, dengan mencantumkan posisi atau jabatan-jabatan yang pernah dipegang, terkadang dilengkapi dengan predikat prestasi-prestasi dan pencapaian-pencapaian yang diperoleh selama bekerja.

urang lebih seperti itu. Tiap perusahaan bisa saja berbeda-beda dalam menulis sebuah Paklaring. Tergantung posisi pekerjaannya juga. Misalnya di korporat kelapa sawit, tidak mungkin isi surat Paklaring untuk mandor lapangan, sama dengan isi Paklaring untuk BHL (Buruh Harian Lepas). Pasti berbeda.

Tapi intinya, Paklaring merupakan surat yang diterbitkan perusahaan, yang berisi keterangan bahwa seseorang pernah bekerja di perusahaan tersebut dalam masa tertentu.

Surat Paklaring ini perlu dimiliki oleh setiap karyawan yang hendak keluar kerja, karena nantinya akan sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Jadi ketika mau resign, kita berhak meminta dibuatkan Paklaring, dan perusahaan wajib membuatkannya. Tapi tentu saja dengan syarat-syarat tertentu.

Lalu apa saja syarat membuat surat pengalaman kerja atau Paklaring itu?

Seorang karyawan akan dibuatkan Paklaring apabila ia berhenti bekerja secara baik-baik. Maksudnya berhenti secara baik-baik itu pertama meminta izin dengan mengajukan surat pengunduran diri. Kedua, sudah tidak memiliki tanggung jawab dengan perusahaan, misalnya hutang ataupun pekerjaan-pekerjaan yang belum terselesaikan. Dan ketiga, mengundurkan dirinya bukan lantaran tercyduk melakukan kejahatan di kantor misalnya korupsi atau menyelingkuhi istri bos.


Jika kita memenuhi persyaratan tersebut, biasanya pihak perusahaan dengan senang hati akan menerbitkan Paklaring untuk kita.

Ada beberapa manfaat penting dari Paklaring setelah nanti kita berhenti bekerja. Salah satunya adalah Paklaring merupakan salah satu berkas persyaratan untuk bisa Mencairkan Uang JHT BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) selain KTP, KPJ, KK, Surat Tembusan Disnaker dan Buku Tabungan.

Tanpa Paklaring, dana JHT tidak akan bisa cair sampai kapanpun! Bahkan saking pentingnya keberadaan Paklaring dalam sebuah proses klaim JHT, seandainya hilang, Paklaring harus diurus kembali ke bekas perusahaan atau membuat surat keterangan di dinas tenaga kerja, tidak boleh sekedar diganti dengan surat keterangan hilang dari kepolisian kayak KPJ. Kalau KPJ (Kartu Peserta Jamsostek), kalau hilang masih bisa diganti dengan surat keterangan hilang dari polisi.

Manfaat Paklaring berikutnya akan kita rasakan ketika kita melamar kerja di perusahaan lain yang sedang membuka lowongan kerja. Paklaring bisa dijadikan lampiran bukti pengalaman kerja di dalam resume/curriculum vitae (CV) atau surat lamaran kerja kita.

Dan pelamar yang memiliki pengalaman kerja, biasanya peluang diterimanya lebih besar. Apalagi jika di dalam Paklaring tersebut berisi banyak prestasi saat kita bekerja di PT yang sebelumnya. Tentu hal itu menjadi nilai tambah yang sangat diperhitungkan saat kita diinterview.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian apa itu Paklaring, beserta beberapa manfaat dan kegunaannya. Semoga informasi ini menambah wawasan teman-teman tentang arti pentingnya sebuah Paklaring di dalam dunia kerja.

Jadi nanti suatu saat jika teman-teman ingin berhenti bekerja (resign), berhentilah secara baik-baik dan terhormat dengan membuat surat pengunduran diri, agar perusahaan juga menghormati keputusan kita dan tidak keberatan membuat Paklaring untuk kita. Cara mengurus Paklaring memang seperti itu.

Rugi jika kita keluar kerja tanpa dibekali surat Paklaring, karena itu penting sekali terutama untuk pencairan JHT Jamsostek. Sayang jika tabungan Jaminan Hari Tua tidak bisa diklaim hanya karena kita malas mengurus surat referensi/rekomendasi.

Biasanya, mantan karyawan yang tidak memiliki Paklaring itu akibat berhenti kerja tanpa pamit, nyelonong saja tiba-tiba tahu-tahu tidak pernah masuk kerja lagi tanpa alasan yang jelas. Atau bisa juga akibat dipecat karena melakukan kesalahan yang berat, sehingga perusahaan tidak sudi memberikan surat rekomendasi berupa Paklaring. Paling-paling cuma diberikan surat pemecatan alias surat pemberhentian kerja.

Begitulah. Akhir kata terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Mudah-mudahan semua informasi yang tersaji di sini bermanfaat bagi teman-teman pekerja sekalian.

https://janganganggur.blogspot.com/2017/12/pengertian-surat-paklaring-serta.html
06/08/2020 19:22:33
sudah dibaca oleh 360 pengunjung
KUIS ONLINE BERHADIAH
UANG TUNAI 500rb
Ikut Kuis
pemenang kuis

Artikel Lainnya