kembali Pengertian dan Definisi Startup
Pengertian dan Definisi Startup
pengertian-dan-definisi-startup

Pengertian Startup Adalah

Sebenarnya, apa itu Startup? Mungkin masih banyak orang yang belum memahami istilah ini. Kata Startup sendiri merupakan serapan dari Bahasa Inggris yang berarti tindakan atau proses memulai sebuah organisasi baru atau usaha bisnis.

Menurut Wikipedia, arti startup adalah merujuk pada perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Pengertian startup di atas mungkin lebih pada terminologinya, namun menurut saya akan lebih sederhana jika istilah Startup diartikan sebagai perusahaan baru yang sedang dikembangkan. Mulai berkembang akhir tahun 90an hingga tahun 2000, nyatanya istilah Startup banyak ‘dikawinkan’ dengan segala yang berbau teknologi, net, web dan yang berhubungan dengan ranah tersebut.

Kenapa itu dapat terjadi?

Sejarah Singkat Bisnis Startup

Kembali melihat ke belakang, ternyata penggunaan istilah startup pada hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, web site, web, dan lainnya, terjadi dikarenakan istilah Startup sendiri mulai fashionable secara internasional pada masa buble dot-com.

Lalu apa lagi buble dot-com  itu? Fenomena buble dot-com adalah ketika pada periode tersebut (1998-2000) banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan. Pada masa itu sedang gencar-gencarnya perusahaan membuka web site pribadinya.

Semakin banyak orang yang mengenal web sebagai ladang baru untuk memulai bisnisnya. Dan waktu itu pula lah, Startup lahir dan berkembang.

Namun menurut Ronald Widha dari TemanMacet.com, Startup tidak hanya perusahaan baru yang bersentuhan dengan teknologi, dunia maya, aplikasi atau produk tetapi dapat serta mengenai jasa dan gerakan ekonomi rakyat akar rumput yang dapat mandiri tanpa bantuan korporasi-korporasi yang lebih besar dan mapan.

Setelah berputar-putar mencari informasi tentang Startup lewat bantuan mbah Google, ada informasi mengenai karakteristik dari sebuah perusahaan yang dapat di golongkan sebuah stratup. Beberapa karakteristik perusahaan Startup tersebut diantaranya:

  • Usia perusahaan kurang dari three tahun
  • Jumlah pegawai kurang dari 20 orang
  • Pendapatan kurang dari $ 100.000/tahun
  • Masih dalam tahap berkembang
  • Umumnya beroperasi dalam bidang teknologi
  • Produk yang dibuat berupa aplikasi dalam bentuk digital
  • Biasanya beroperasi melalui web site

Dari karakteristik tersebut mungkin nampak bahwa stratup lebih condong ke perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan net. Namun faktanya memang seperti itu, kini perkembangan perusahaan yang lazim dilabeli nama Stratup adalah perusahaan yang berkenaan dengan bidang teknologi dan on-line.

Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia

Perkembangan bisnis Startup di Indonesia dapat dikatakan bisa pesat dan menggembirakan. Per tahun bahkan per bulan banyak founder (pemilik) Startup baru bermunculan. Menurut dailysocial.internet, sekarang ini terdapat setidaknya lebih dari 1500 Startup lokal yang ada di Indonesia. Potensi pengguna web Indonesia yang semakin naik dari tahun ke tahun tentunya merupakan suatu lahan basah untuk mendirikan sebuah Startup.

Berdasarkan beberapa riset, pada tahun 2013 saja diperkirakan pengguna web di Indonesia mencapai 70 juta orang, dapat dibayangkan berapa jumlah person web Indonesia beberapa tahun kedepan. Selain itu daya beli masyarakat yang meningkat seiring dengan naiknya pendapatan perkapita masyarakat negeri ini ikut mempengaruhi perkembangan industri digital.

Menurut Rama Mamuaya, CEO dailysocial.internet, Startup di Indonesia digolongkan dalam tiga kelompok yaitu;

  1. Startup pencipta sport
  2. Startup aplikasi edukasi
  3. Startup perdagangan seperti e-commerce dan informasi.

Menurutnya Startup sport dan aplikasi edukasi punya pasar yang potensial dan terbuka di Indonesia. Hal ini dikarenakan proses pembuatan sport dan aplikasi edukasi relatif sederhana.

Dengan berkembangnya media sosial dan smartphone, pasar untuk cell sport dan social sport semakin besar. Sementara itu untuk aplikasi atau web site yang bergerak di bidang e-commerce dan informasi, Rama menilai tantangan e-commerce di Indonesia masih bisa besar dikarenakan masih minimnya penggunaan kartu kredit. Namun untuk yang berbau informasi atau berita berbagai tema, perkembangannya justru jauh lebih pesat lagi.

Di Indonesia sekarang ini telah banyak berdiri komunitas founder-founder Startup, diantaranya adalah;

  1. Bandung Digital Valley (bandungdigitalvalley.com)
  2. Jogja Digital Valley (jogjadigitalvalley.com)
  3. Ikitas (www.ikitas.com) Inkubator Bisnis di Semarang
  4. Stasion (stasion.org) wadah bagi Startup lokal kota Malang
  5. Dan masih banyak lagi yang lainnya

Dengan adanya komunitas ini tentunya akan memudahkan para founder untuk saling sharing, membimbing bahkan untuk menjaring investor. Para founder dapat pula mengikuti kompetisi yang diadakan oleh beberapa perusahaan seperti Telkom untuk menjadi investor mereka.

Hal yang paling utama untuk mendirikan Startup adalah tim yang strong, karena dengan adanya tim yang strong dapat memunculkan ide-ide baru yang kreatif dan inovatif. Dengan ide dan eksekusi yang tepat, tentunya para founder tidak akan kesulitan menarik minat masyarakat maupun mencari investor.

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan oleh wartawan Warta Ekonomi kepada Molly Nagler (Startup Mentor di Silicon Valley), Molly mengatakan bahwa hampir semua Startup gagal, namun kegagalan itu tidak harus dipandang sebagai sesuatu yang negatif karena masih banyak sisi positif didalamnya. Maksudnya adalah jika founder Startup gagal saat melakukan eksekusi maka ia berkesempatan untuk belajar sesuatu yang baru dan ilmu baru, seperti konsep trial and error pada umumnya.

Startup-Startup lokal yang kini telah mencetak sukses di dunia maya diantaranya Kaskus dan Urbanesia. Semoga Startup lokal Indonesia dapat terus bertambah dan berkembang sehingga dapat merambah pengguna web internasional seperti Fb, Twitter, dan lain-lain. Semoga :)

Baca serta: 5 Website Penghasil Dollar Dibayar Langsung

Sebagai penutup, berikut ini sebuah video wawancara singkat dengan CEO Urbanesia mengenai perkembangan Startupnya di Indonesia.

https://www.maxmanroe.com/apa-itu-startup.html
14/06/2020 23:08:34
sudah dibaca oleh 269 pengunjung
KUIS ONLINE BERHADIAH
UANG TUNAI 500rb
Ikut Kuis
pemenang kuis

Artikel Lainnya

untung-besar-dari-bisnis-rumahan-jasa-penerjemah-bahasa-inggris
Untung Besar dari Bisnis Rumahan Jasa Penerjemah Bahasa Inggris
Analisa Peluang Bisnis Rumahan Jasa Penerjemah Bahasa Inggris - Salah satu tuntutan persaingan global sekarang ini adalah kemampuan bahasa inggris yang mumpuni. Apabila kita dapat berbahasa inggris dengan lancar dan cas cis cus, maka salah satu peluang bisnis yang bisa ditangkap adalah membuka jasa penerjemah bahasa inggris. Peluang usaha jasa penerjemah bahasa inggris ini bisa dibilang masih menjadi peluang usaha yang menjanjikan dan dapat mendatangkan keuntungan besar. ... Baca Lanjutannya

baca-doa-melamar-kerja-ini-,insyaallah-lancar-dan-dimudahkan
Baca Doa Melamar Kerja Ini ,InsyaAllah Lancar dan Dimudahkan
Doa Islami supaya dipermudah memperoleh kerja. Bagi yang percaya Tuhan, tentunya doa menjadi bagian penting dalam usaha mencari job atau pekerjaan... Baca Lanjutannya

cara-mengetahui-status-kepesertaan-bpjs-ketenagakerjaan-masih-aktif-atau-tidak-menggunakan-sms
Cara Mengetahui Status Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Masih Aktif Atau Tidak Menggunakan SMS
Cek BPJS Kali ini kami akan share tentang cara cek kartu BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek masih aktif atau tidak. Hal ini sangat penting... Baca Lanjutannya

pengertian-surat-paklaring-serta-manfaatnya-bagi-karyawan-berhenti-bekerja-
Pengertian Surat Paklaring Serta Manfaatnya Bagi Karyawan Berhenti Bekerja
Paklaring, yang kadang disebut juga surat rekomendasi dan surat referensi, atau surat pengalaman kerja, adalah surat yang diberikan oleh perusahaan kepada seorang mantan karyawan... Baca Lanjutannya

cara-mendapatkan-uang-dari-google-tanpa-modal
Cara Mendapatkan Uang Dari Google Tanpa Modal
Bagaimana cara mendapatkan uang dari internet lewat Google ? Apakah ini cara mendapatkan uang tanpa modal ?... Baca Lanjutannya

apa-itu-internet-of-things-iot
Apa Itu Internet Of Things IOT
Internet of Things adalah sebuah konsep ketika objek tertentu memiiki kemampuan untuk melakukan transfer data melewati sebuah jaringan tanpa adanya interaksi dari manusia ke manusia lainnya, atau dari manusia ke sebuah perangkat komputer lain. Internet of Things lebih sering dikenal dengan Singkatan IOT. ... Baca Lanjutannya

aplikasi-nonton-iklan-dibayar-uang-dollar-langsung
Aplikasi Nonton Iklan Dibayar Uang Dollar Langsung
siapa sih yang tidak mau mendapatkan dollar hanya dengan melihat iklan saja ? Saya yakin pasti anda mau sekali, nah pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai nonton video dibayar namun pembahasan kali ini agak berbeda yakni anda cukup nonton iklan lalu dibayar dollar. Memang sangat mudah untuk dilakukan... Baca Lanjutannya

5-website-penghasil-dollar-dibayar-langsung
5 Website Penghasil Dollar Dibayar Langsung
membahas informasi tentang cara mendapatkak uang di internet pasti tidak ada habisnya, karena menurut saya hal ini memiliki cakupan yang luas sekali, sedikit-sedikit pasti internet terutama aktif di social media... Baca Lanjutannya

7-cara-agar-blog-bisa-menghasilkan-10-jt-per-bulan
7 Cara Agar Blog Bisa Menghasilkan 10 Jt Per Bulan
“Bagaimana cara mendapatkan uang dari blog pada website? Apa namanya, monetisasi blog?” Pertanyaan ini kerap muncul di benak para penulis yang memiliki website.... Baca Lanjutannya

5-cara-mendapatkan-uang-untuk-mahasiswa-dan-pelajar
5 Cara Mendapatkan Uang Untuk Mahasiswa dan Pelajar
Kuliah merupakan masa di mana kamu tidak mempunyai... Baca Lanjutannya