kembali Contoh CV

Contoh CV

Contoh CV
Contoh CV – CV kepanjangan dari Curriculum Vitae atau dalam bahasa indonesia dikenal dengan Daftar Riwayat Hidup, adalah dokumen wajib yang disertakan seorang pelamar kerja dalam rangka melamar pekerjaan di sebuah perusahaan.
Namun bagi banyak pelamar kerja, bagaimana membuat sebuah isi CV yang baik dan benar, belum banyak diketahui. Kondisi ini dapat mengakibatkan lamaran pekerjaan anda ditolak,walaupuns secara kenyataan anda memiliki kompetensi yang baik.
Mengapa CV begitu penting? Hal ini disebabkan seorang perekrut yaitu HRD, pada saat proses perekrutan pertama kali, CV Lamaran Kerja anda yang akan berbicara, karena anda tidak bertatap muka langsung dengan perekrut. Kepribadian dan kekuatan serta kelebihan harus dapat tersirat dalam sebuah Curriculu Vitae tersebut.
Dengan membuat CV Yang Baik dan Benar akan memperbesar anda untuk lolos dalam proses seleksi lamaran kerja.
Anda harus tahu betul bagaimana menonjolkan kelebihan anda untuk dituangkan dalam selembar kertas CV atau Contoh Daftar Riwayat Hidup, sehingga orang akan memahami keunggulan anda dalam melamar pekerjaan.
Berikut ini akan dijelaskan beberapa Contoh CV atau Curriculum Vitae, yang bisa anda jadikan panduan dalam membuat CV Yang Baik dan Benar.

5 Hal Wajib Ada Dalam Sebuah CV

Ada 5 hal utama yang wajib anda cantumkan dalam CV Lamaran Kerja anda, yaitu :

1. BIODATA / DATA PRIBADI

Anda wajib mencantumkan biodata mengenai data pribadi anda dengan lengkap dan jelas, komponen ini adalah hal pertama yang menjadi penilaian. Nama Lengkap, Tempat Tgl Lahir,Alamat sampai dengan Status Kawin serta Hoby sebaiknya anda jelaskan disini. Berikut ini adalah contoh dari Biodata yang benar dalam sebuah CV.
NAMA LENGKAP
GUS BADRUN AL HASYIM
TEMPAT/TGL LAHIR
NGANJUK, 5 JULI 1991
ALAMAT LENGKAP
JL. BARON RAYA NO.57 RT 001 RW 03 KELURAHAN BARON KABUPATEN NGANJUK KAWA TIMUR 17610
NO TELP
085376771199
STATUS KAWIN
BELUM MENIKAH
AGAMA
ISLAM
HOBI
KOMPUTER, TRAVELING

2. PENDIDIKAN

Lengkapi history pendidikan anda mulai dari Taman Kanak Kanan sampai dengan kuliah, informasi ini sangat penting bagi HRD untuk menilai perjalanan pendidikan anda. Berikut contoh Pendidikan dalam sebuah CV yang baik.
TK
TK AL GHASIYAH,NGANJUK
1994-1995
SD
SD NEGERI NGANJUK 07 PAGI
1995-2001
SMP
SMP NEGERI 1 NGANJUK
2001-2003
SMA
SMA NEGERI 3 NGANJUK
2003-2005
UNIVERSITAS
INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG
FAKULTAS TEKNIK ELEKTRO
2005-2010

3. PENGALAMAN KERJA

Pengalaman kerja adalah bagian yang paling diteliti, apakah pengalaman kerja anda relevan dengan posisi yang akan dilamar, kemudian berapa lama anda sudah memiliki pengalaman kerja,informasi ini sangat penting dan menentukan. Berikut ini adalah contoh penulisan pengalaman kerja yang benar dalam sebuah Curriculum Vitae (CV).
2010-2016
TECHNICAL SUPPORT
PT. TOYOTA ASTRA MANUFACTURING, KARAWANG
Job Description : Melakukan trouble shooting dan perbaikan PC serta notebook di seluruh kantor cabang dan membuat laporan heldesk management.
2016-2019
SENIOR PROGRAMMER
PT. BIDS INTERCIPTA SAMPURNA, JAKARTA
Job Description : membuat analisa program dan mengembangkan program menggunakan aplikasi Visual Studio 2015 dan melakukan implementasi ke cabang cabang.
2019-Sampai Saat Ini
SOLUTION ARCHITEXT
PT. TELKOM INDONESIA, JAKARTA
Job Description : membuat rancangan strategi pengembangan infrastruktur dan teknologi informasi di pt telkom dan membuat jadwal pelaksanaan implementasi serta pengawasan.

4. KURSUS & PENGALAMAN ORGANISASI

Jika anda pernah mengikut pelatihan,kursus atau pendidikan non formal, anda wajib mencantumkannya. Karena informasi ini akan memberikan nilai tambah untuk anda. Kesesuaian antara pendidikan formal untuk mendukung keahlian dalam posisi yang anda lamar akan membuat HRD lebih tertarik.
Selain itu pengalaman organisasi juga sangat penting untuk di cantumkan. Jika anda melamar untuk posisi pimpinan seperti Supervisor atau Manager, pengalaman organisasi ini akan menjadi nilai tambah anda. Berikut contoh CV yang berisikan informasi Kursus dan pengalaman organisasi.
2009
WINDOWS 10 COURSE
MICROSOFT INDONESIA
2011
ASP.NET C# TRAINING
MICROSOFT INDONESIA
2011
SDLC FUNDAMENTAL
BRAINWAVE TRAINING CENTRE

5. PAS FOTO

Dan yang terakhir adalah Pas Foto, visualisasi diri anda akan tercermin dari pas photo ini. Ukuran pas photo yang baik untuk lamaran pekerjaan adalah 4x6. Foto yang anda cantumkan adalah foto terakhir, jangan pernah mencantumkan foto lama karena tidak akan mempresentasikan semangat diri yang sesungguhnya.
pas Photo

Bagaimana Cara Menulis CV Yang Benar?

Lalu bagaimana prinsip dasar cara membuat CV Lamaran Kerja yang baik dan benar, berikut panduan yang harus anda perhatikan.
  1. KERTAS PUTIH POLOS, gunakan kertas putih pulus HVS 80gram untuk membuat CV yang baik, hal ini agar pembaca CV anda fokus terhadap isi bukan karena desainnya.
  2. TAMPILAN TERSUSUN RAPI: Buatlah tampilan yang tersusun dengan rapi, gunakan spasi agak berjarak kira kira 2pt, sehingga pembaca tidak merasa kesulitan membaca CV anda.
  3. PILIH FONT STANDARD. Gunakan fotn standard seperti Arial atau Times New Roman dengan Ukuran 12pt, dan ukuran sub judul 14pt, hal ini agar CV anda terkesan profesional dan mudah dibaca.
  4. TANDA BACA & TATA BAHASA. Gunakan tanda baca dan tata bahasa sesuai dengan Bahasa Indonesia EYD sehingga maksud dan tujuan dari CV yang anda buat tetap sasaran dan mudah dipahami.
  5. MAKSIMAL 2 HALAMAN. CV dengan lebih dari 2 Halaman akan membuat orang malas untuk membaca, usahakan anda membuat CV kurang dari 2 halaman, dengan isi yang singkat padat dan jelas ke isi.

CONTOH CV LAMARAN KERJA

Untuk memudahkan anda dalam menyusun Daftar Riwayat Hidup, berikut ini kami sajikan 22+ Contoh CV Lamaran Kerja yang menarik untuk melamar pekerjaan dan memiliki potensi besar anda diterima lamaran kerja.

Contoh CV Bahasa Inggris

Contoh CV Bahasa Inggris
Struktur dan urutan CV Bahasa Inggris tidak berebeda dengan CV Bahasa Indonesia, namun anda perlu memperhatikan spelling dan grammar dari penggunaan Bahasa Inggris atau anda bisa menggunakan Tools bantuan seperti gramarly.

Contoh CV Fresh Graduated

Contoh CV Fresh Graduated
Perbedaan pada CV Fresh Graduated adalah tidak adanya pengalaman kerja formal, namun anda bisa menambahkan pengalaman magang atau keahlian keahlian lain.

Contoh CV Mahasiswa

Contoh CV Mahasiswa
CV Untuk Mahasiswa hampir sama dengan CV Fresh Graduated, namun disini ada baiknya anda tambahkan pengalaman organisasi dan kegiatan pelatihan serta seminar yang pernah anda ikuti di kampus.

Contoh CV Bahasa Indonesia

Contoh CV Bahasa Indonesia
CV Bahasa Indonesia adalah Curriculum Vitae yang paling banyak digunakan terutama untuk melamar pekerjaan menjadi PNS atau di BUMN. Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik adalah kunci yang harus anda perhatikan.

KESIMPULAN

Bagaimana Membuat CV Yang Baik adalah kunci utama kesuksesan anda dalam melamar kerja, tentu anda tidak ingin membuang waktu bukan? Oleh sebab itu perhatikan point point diatas agar anda bisa membuat sebuah CV atau Daftar Riwayat Hidup yang benar. Semoga artikel ini bermanfaat.