kembali Blog Cara Gadai BPKB Mobil

Cara Mudah Gadai BPKB Mobil 1 Jam Cair

Gadai BPKB - Seperti slogannya “mengatasi masalah tanpa masalah”, Pegadaian sudah menjadi salah satu tempat orang meminjam uang, dengan cara menggadaikan barang berharga termasuk BPKB. Karena tergolong lebih aman ketimbang tempat pinjam uang yang lain. kamu berminat pinjam uang di sana? Ini dia syarat dan tata cara gadai BPKB di Pegadaian paling lengkap.
Hingga saat ini Pegadaian sudah melayani banyak nasabah yang ingin meminjam uang, bahkan di hampir semua daerah Indonesia sudah bisa merasakan manfaatnya. Gadai BPKB merupakan salah satu produk yang paling diminati karena dengan sistem dan persyaratan mudah, siapa saja sudah bisa membawa pulang uang yang dibutuhkan dalam waktu singkat. Syarat dan Tata Cara Gadai BPKB di Pegadaian yang Perlu Kamu Ketahui
Untuk mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB Mobil, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi. Setelah itu tinggal ikuti tata cara pengajuan hingga pinjaman disetujui, dan kamu juga sudah bisa menggunakan dana segar tersebut sesuai kebutuhan.

Syarat Gadai BPKB

Beberapa syarat utama harus kamu persiapkan sebelum mengajukan pinjaman ke Pegadaian, jika tidak tentu pengajuan tidak bisa diproses hingga semua syarat sudah dilengkapi. Lantas apa saja syaratnya tersebut?
  1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Usia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun.
  3. Memiliki pekerjaan tetap minimal satu tahun.
  4. Foto calon peminjam sebaiknya pas foto.
  5. Asli dan fotokopi identitas seperti Kartu Tkamu Penduduk (KTP).
  6. Asli dan fotokopi KTP pasangan jika sudah menikah.
  7. Asli dan fotokopi Kartu Keluarga.
  8. Asli dan fotokopi Surat Tkamu Nomor Kendaraan (STNK) kendaraan yang akan digadaikan.
  9. Asli dan fotokopi BPKB kendaraan yang akan digadaikan.
  10. Foto dari kendaraan yang akan digadaikan.
  11. Foto tempat kerja kamu saat ini.

Tata Cara Gadai BPKB

Setelah semua persyaratannya lengkap, saatnya untuk mengikuti tata cara pengajuan gadai BPKB. Ikuti semua caranya secara lengkap agar proses gadai berjalan lancar.
  1. Pastikan semua syarat sudah dipenuhi semua
  2. Pahami soal tenor dan pilih jangka waktu pinjaman yang sesuai dengan kondisi kamu.
  3. Kunjungi Pegadaian terdekat dari domisili, agar kamu tidak kesulitan saat mencari informasi atau harus menambah dokumen yang kurang lengkap.
  4. Di kantor Pegadaian ambil antrian untuk pengajuan pinjaman, kemudian serahkan dokumen kelengkapan syarat kepada petugas.
  5. Isi formulir pengajuan gadai BPKB yang diberikan oleh petugas sesuai data, pastikan semua data yang diisi adalah benar.
  6. Petugas akan melakukan kalkulasi dan taksiran besaran pinjaman, berdasarkan dokumen BPKB dan STNK asli milik kamu.
  7. kamu akan diinformasikan tentang besaran pinjaman dan tenor sesuai dengan kendaraan yang akan digadaikan.
  8. Jika kamu setuju maka petugas Pegadaian akan membuatkan Surat Bukti Kredit (SBK), dan menjelaskan kewajiban kamu untuk pengembalian pinjaman dan kapan pinjaman tersebut jatuh tempo.
  9. Proses penkamutanganan SBK.
  10. Pembayaran biaya administrasi sebesar 10 persen dari total pinjaman yang disetujui.
  11. kamu akan mendapatkan bukti pinjaman dengan informasi lengkap di dalamnya, dan menerima pinjaman untuk dimanfaatkan sesuai kebutuhan kamu.

Plus Minus Gadai BPKB

Setelah mengetahui syarat dan tata cara di atas, kamu selanjutnya harus memahami juga bahwa sistem gadai BPKB ini punya plus minus. Jadi ketika kamu sudah mengetahui semua plus minusnya tinggal memutuskan apakah akan tetap melanjutkan pengajuan atau tidak. Plus
Beberapa nilai plus dimiliki gadai BPKB di pegadaian yaitu:
Aman dan Terpercaya
Dibandingkan lembaga gadai lainnya, Pegadaian tergolong aman dan dipercaya oleh masyarakat. Karena merupakan lembaga milik pemerintah, sehingga gerak geriknya terpantau dan minim melakukan kesalahan.
Syarat Pengajuan Mudah Untuk Dipenuhi
Secara umum syarat yang diajukan pastinya sudah dimiliki oleh masyarakat, jadi tidak perlu mengurus dokumen tambahan yang mempersulit.
Tidak Perlu Buka Rekening Saat Pengajuan
Tidak dibutuhkan rekening tabungan untuk mengajukan pinjaman, kamu bisa memasukkan nomor rekening yang sudah ada. Sebab Pegadaian bekerjasama dengan banyak bank terkemuka.
Proses Pencairan Sangat Cepat
Jika semua syarat sudah dipenuhi, prosesnya akan lebih cepat. Jadi dalam beberapa jam saja kamu sudah bisa mendapatkan pinjaman, sesuai dengan perhitungan taksiran harga yang sudah dilakukan petugas Pegadaian.
Tenor Bisa Diperpanjang
kamu bisa memperpanjang masa peminjaman, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dan tidak akan sesulit pengajuan awal. Misalnya ketika kamu masih butuh waktu untuk mengembalikan.
Ada Masa Tenggang
Setelah masuk masa jatuh tempo pinjaman, kamu akan diberi informasi melalui email pesan singkat atau telepon. Kemudian akan diberi masa tenggang untuk melunasi cicilan tersebut.
Lokasinya Tersebar
Saat ini Pegadaian sudah menjangkau semua daerah, jadi kamu lebih mudah mencari lokasi kantor terdekatnya untuk mengajukan pinjaman dengan jaminan gadai BPKB. Minus
Walaupun punya segudang nilai plus, meminjam di Pegadaian juga punya sisi negatif yang harus dipahami. Sehingga saat kamu memutuskan untuk menggadaikan BPKB tidak mendapatkan masalah berarti. Apa saja nilai minusnya?

Tips Gadai Agar Tidak Merugikan

Agar kamu benar-benar nyaman melakukan pinjaman dengan sistem gadai BPKB kendaraan di Pegadaian, sebaiknya ikuti beberapa tips. Diantaranya adalah memastikan apa tujuan kamu menggadaikan BPKB kendaraan tersebut, jangan pinjam untuk kebutuhan sehari-hari tapi untuk menjalankan bisnis agar saat proses pengembalian tidak terkendala akibat dana terbatas.
Kemudian jangan lupa untuk memahami semua aturan dalam peminjaman, mulai dari bunga, lama dan tanggung jawab pembayaran. Sebaiknya pilih yang memiliki bunga di bawah 30 persen, agar kamu tidak kesulitan saat melakukan pembayaran cicilan. Jika tidak, bisa saja kamu dibuat kaget ketika harus membayar cicilan yang ternyata jumlahnya fantastis.
Saat pengajuan, pastikan juga bahwa semua dokumen yang kamu berikan adalah benar dan asli milik sendiri. Jika menggadaikan BPKB kendaraan orang lain, tentu tidak akan diproses oleh petugas. Terakhir adalah selalu membayar cicilan sesuai waktu yang sudah ditentukan, sehingga kamu bisa terhindar dari denda dan pinalti yang sudah ditetapkan oleh Pegadaian.
Demikianlah informasi penting seputar syarat dan tata cara gadai BPKB di Pegadaian, jadi buat kamu yang ingin meminjam disana jadi lebih tepat dalam mengambil keputusan. Termasuk mengkalkulasikan berapa nilai pinjaman yang akan diajukan, dan mampukah kamu membayar cicilan selama jangka waktu yang sudah ditentukan.