Calon Walikota Semarang 2024 Terbaik

calon walikota semarang 2024

Bakal Calon Walikota Semarang 2024– Pemilihan umum Wali Kota Semarang 2020 (selanjutnya disebut Pilkada Semarang 2020 atau Pilwali Semarang 2020) adalah pemilihan umum lokal yang akan diselenggarakan di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti Rahayu sebagai wali kota dan wakil wali kota Semarang masa bakti 2021-2024. Pasangan itu mengantongi perolehan 716.693 suara pada Pemilihan Kepala Daerah Kota Semarang 2020.
 
“Menetapkan pasangan calon Wali Kota terpilih, Hendrar Prihadi alias Hendi dan Hevearita Gunaryanti, dengan perolehan suara 716.693 atau 91,56 persen dari total suara sah,” kata Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom, dalam rapat pleno, Semarang, Jateng, Kamis, 21 Januari 2021.
 
Henry mengatakan, Hendrar Prihadi dan Hevearita resmi menjadi wali kota dan wakil wali kota Semarang pada periode kedua, terhitung sejak ditetapkan pada hari ini.

calon walikota semarang
calon walikota semarang

Calon Walikota Semarang 2024

Pilkada Semarang 2020 diadakan dalam rangka memilih Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang periode 2021-2024.[2] Wali kota dan wakil wali kota petahana berpeluang mencalonkan diri kembali.

Hasil Pemilu 2019 menunjukkan bahwa dari total sembilan partai politik yang mendudukkan wakilnya di DPRD Kota Semarang, hanya PDI Perjuangan yang dapat mengusung calon wali kota-wakil wali kota tanpa berkoalisi.[3]

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil sigi nasional terkait pilihan calon presiden 2024 dengan simulasi tertutup 15 nama. Hasilnya, elektabilitas Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan berada di peringkat teratas.

Ganjar Prabowo memiliki elektabilitas sebesar 18,7 persen, kemudian Prabowo Subianto 16,8 persen, Anies Baswedan 14,4 persen, Sandiaga Salahuddin Uno 8,8 persen, dan Ridwan Kamil 7,6 persen. Sisanya, elektabilitas nama-nama lain seperti Agus Harimurti Yudhoyono, Khofifah Indar Parawansa, Gatot Nurmantyo dan sebagainya masih di bawah angka 5 persen.

Baca Juga  Info Lomba Online Event Berhadiah Terbaru 2021

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, mengatakan Ganjar Pranowo selalu menduduki tingkat pertama di tiga survei terakhir.

“Bulan September ini kami melakukan lagi survei, Pak Ganjar berada di tingkat pertama di tiga survei terakhir. Kemudian disusul Pak Prabowo dan Anies Bawedan di tingkat ketiga ini juga stagnan posisinya,” kata Burhanuddin dalam konferensi pers virtual, Minggu (25/10/2020).

Survei tersebut dilakukan pada 24 September hingga 30 September 2020 dengan menggunakan panggilan telepon karena pandemi Covid-19.

Metode yang digunakan adalah simple random sampling dengan 1.200 responden yang dipilih secara acak berdasarkan data survei tatap muka langsung sebelumnya pada rentang Maret 2018 hingga Maret 2020.

Adapun margin of error sekitar 12.9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel berasal dari seluruh provinsi di Indonesia yang terdistribusi secara proporsional.

Nama sejumlah pemimpin partai politik mulai muncul ke publik sebagai bakal calon presiden di Pilpres 2024. Mayoritas dari mereka adalah ketua umum, namun ada juga di BeritaSatu mereka yang hanya menduduki jabatan ketua bidang.

Mereka BeritaSatu lain Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), serta Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP) bidang Politik dan Keamanan Puan Maharani.

Berdasarkan hasil survei terakhir yang dilakukan tiga lembaga berbeda, elektabilitas para pemimpin parpol itu berbeda-beda. Namun, dari tiga lembaga survei berbeda itu menyatakan bahwa elektabilitas Prabowo sebagai capres 2024 merupakan yang tertinggi pada saat ini.

Pada tiga hasil survei itu Prabowo mendapatkan angka di atas 12 persen. Selain Prabowo, tiga kepala daerah yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merupakan tokoh-tokoh yang kerap bersaing dalam bursa bakal capres 2024 saat ini.

Baca Juga  10 Jasa EO Event Organizer Terbaik di Jakarta

Berdasarkan hasil survei Arus Survei Indonesia yang dirilis 8 Juni 2021, elektabilitas Prabowo dinyatakan berada di 12,5 persen. Lalu, AHY berada di 5,7 persen, Puan 2,3 persen, Cak Imin 1,3 persen dan Airlangga 0,9 persen.

Berbeda, berdasarkan hasil survei Parameter Politik Indonesia diketahui bahwa elektabilitas Prabowo berada di angka 18,3 persen, AHY 7 persen, dan Puan 1,7 persen. Di survei yang dirilis Parameter Politik Indonesia pada 5 Juni 2021 ini tidak terdapat nama Airlangga dan Cak Imin dalam daftar bakal capres 2024.

Sedangkan, berdasarkan hasil survei lembaga Y-Publica elektabilitas Prabowo 16,7 persen, AHY 3,2 persen, Puan 0,7 persen, dan Airlangga 0,5 persen. Sementara itu, nama Cak Imin terdapat dalam 15 nama bakal capres yang dirilis oleh Y-Publica yang dirilis 15 Mei 2021 itu.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman Hakim mengatakan rapat Tim Kerja Bersama persiapan Pemilu-Pilkada 2024 telah menyepakati jadwal pelaksanaan Pemilu hingga Pilkada 2024.

Cart
  • No products in the cart.