Home Blog Cara Mengatasi api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is Missing Error

Cara Mengatasi api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is Missing Error

Cara Mengatasi MSVCP140.DLL ERROR
Saat kamu membuka sebuah program atau file di komputer Windows, dan mendapatkan pesan error yang berbunyi “The program can’t start because api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing from your computer. Try reinstalling the program to fix this problem“, tentu sangat membingungkan bukan?
Tapi tidak perlu panik, karena ada cara mudah mengatasi masalah tersebut dan kamu bisa menemukannya di artikel ini.
api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll adalah salah satu file yang ada didalam Microsoft Visual C++ Redistributable untuk Visual Studio 2015. Jika kamu belum menginstall-nya atau terdapat salah satu file .dll yang hilang, bisa dipastikan kamu akan mendapati masalah ini saat hendak membuka beberapa jenis program.

Cara Mengatasi api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll Missing Error

Ada beberapa metode yang biasa dilakukan saat file .dll seperti ini tidak ditemukan, coba salah satunya dibawah ini.

Menambahkan File .dll Secara Manual

Karena komputermu tidak memiliki salah satu file .dll yang diperlukan, artinya kamu harus menambahkannya bukan? Nah kamu bisa mendownload file .dll yang dibutuhkan tersebut lalu memasukannya kedalam folder asalnya.

Untuk Windows 64-Bit

1. Download api-ms-crt-runtime-l1-1-0.dll versi 32-Bit dan 64-Bit.
2. Extrack file .zip-nya kemudian paste file api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll (64-Bit) di folder Local Disk (C:) > Windows > System32.
3. Extrack file .zip-nya kemudian paste file api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll (32-Bit) di folder Local Disk (C:) > Windows > SysWOW64.
Kemudian restart komputermu dan coba buka program yang sebelumnya error.

Untuk Windows 32-Bit

1. Download api-ms-crt-runtime-l1-1-0.dll versi 32-Bit saja.
2. Extract file .zip-nya kamudian paste api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll (32-Bit) di folder Local Disk (C:) > Windows > System32.
Kemudian restart komputermu dan coba buka program yang sebelumnya error.

Install Microsoft Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2015

Jika kamu belum memiliki Microsoft Visual C++, maka kamu harus menginstall-nya terlebih dahulu. Atau Klik Disini Untuk Langsung Download
1. Pergi ke situs resmi Microsoft.
2. Klik Download.
3. Pilih tipe sistem komputermu, X64 untuk Windows 64-Bit dan X86 untuk Windows 32-Bit. Kemudian klik Next. ( Nonton Iklan Dapat Uang)
4. Setelah selesai didownload, buka file .exe-nya kemudian ikuti perintah yang diberikan untuk meng-install.

Repair Microsoft Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2015

Sedangkan apabila kamu sudah memiliki Visual C++ di komputermu, kamu bisa mencoba melakukan repair untuk memperbaiki file .dll yang hilang.
1. Buka Control Panel lalu pilih Programs.
2. Buka Programs and Features.
3. Pilih Microsoft Visual C++ 2015 Redistributable lalu klik Change.
4. Klik Repair, dan jika muncul User Account Control klik Yes. Ikuti perintah yang diminta hingga proses selesai.
Karena ada banyak versi dari Microsoft Visual C++ yang terinstall, pertama coba pada versi tahun 2015. Jika setelah proses repair pesan error masih muncul, coba lakukan repair pada versi lainnya.
Setelah proses repair, ada baiknya kamu melakukan restart komputer dan mencoba membuka program yang sebelumnya error setelahnya.

Penutup

Itulah beberapa metode yang bisa kamu coba untuk mengatasi api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll missing error. Jika menemui kesulitan atau program tetap error setelah mencoba semua metode, silahkan tinggalkan pertanyaan dikolom komentar.
Terimakasih sudah membaca, semoga tutorial diatas bisa menjadi solusi atas masalahmu saat ini.
UNDUH API MS WIN CRT RUNTIME l1 1 0 dll


[SOLVED] Cara Mengatasi MSVCP140.dll is Missing Error

msvcp140.dll missing - Saat kamu membuka program atau file di Windows dan tiba-tiba muncul pesan error yang bunyinya "The program can't start because MSVCP140.dll is missing form your computer. Try reinstalling the program to fix this problem." berarti terdapat salah satu file .dll yang hilang atau memang belum terinstall.
File .dll tersebut adalah MSVCP140.dll, yang harus menjadi bagian dikomputermu. Tidak perlu khawatir karena cara mengatasi masalah ini cukup mudah, kamu juga tidak perlu install ulang komputer untuk memperbaikinya.

Cara Mengatasi MSVCP140.dll is Missing

Silahkan mencoba salah satu metode dibawah ini, jika belum berhasil kamu bisa mencoba metode lainnya.
Menambahkan File .dll Secara Manual
Masalah ini muncul disebabkan hilangnya sebuah file .dll, artinya kamu bisa mencoba menambahkan file .dll yang hilang tersebut ke dalam folder yang seharusnya. Saat menemukan masalah serupa, saya biasa menggunakan metode ini dan sejauh ini selalu berhasil.
Untuk Windows 64-Bit
1. Download MSVCP140.dll versi 32-Bit dan 64-Bit, kamu membutuhkan keduanya.
2. Extract file .zip yang kamu download, copy dan paste MSVCP140.dll (32-Bit) di folder Local Disk (C:) > Windows > SysWOW64.
3. Extract file .zip yang kamu download, copy dan paste MSVCP140.dll (64-Bit) di folder Local Disk (C:) > Windows > System32.
4. Ada baiknya kamu melakukan restart sebelum membuka program yang sebelumnya error. Kemudian lihat apakah muncul pesan error yang sama.
Untuk Windows 32-Bit
1. Download MSVCP140.dll versi 32-Bit saja.
2. Extract file .zip yang sudah didownload, paste file MSVCP140.dll (32-Bit) ke dalam folder Local Disk (C:) > Windows > System32.
3. Kemudian coba buka program yang sebelumnya error, atau restart komputer terlebih dahulu.
>Install Microsoft Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2015
Ada juga kasus dimana ternyata kamu belum menginstall Microsoft Visual Studio C++ untuk Visual Studio 2015, dan akhirnya menyebabkan munculnya error MSVCP140.dll. Jika demikian, maka kamu harus menginstall-nya terlebih dahulu.
1. Microsoft Visual Studio C++ Redistributable bisa kamu downloaad melalui situs resmi Microsoft.
2. Klik Download.
3. Pilih arsitektur sistem operasi yang kamu gunakan, X64 untuk Windows 64-Bit dan X86 untuk Windows 32-Bit. Lalu klik Next.
4. Proses download akan segera dimulai. Instal file .exe-nya dan ikuti perintah yang diminta hingga selesai.
Setelah itu coba buka program yang sebelumnya error. Kamu juga bisa melakukan restart sebelum mencoba membuka program tersebut.
Repair Microsoft Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2015
Untuk kamu yang sudah menginstall Microsoft Visual C++, kamu bisa melakukan repair pada program tersebut.
1. Pertama, buka Control Panel dan pilih Programs.
2. Pilih Programs and Features.
3. Scroll hingga menemukan Microsoft Visual C++ 2015 Redistributable, lalu klik Change yang ada dibagian atas.
4. Akan muncul jendela baru, klik Repair. Klik Yes apabila muncul jendela User Account Control. Selanjutnya kamu tinggal mengikuti langkah yang diminta.
Pada proses ini mungkin komputermu membutuhkan koneksi internet, jadi sambungkan agar prosesnya bisa berjalana lancar. Setelah selesai kamu bisa mencoba membuka lagi program atau file yang sebelumnya error.

Penutup

Itulah beberapa solusi untuk mengatasi error MSVCP140.dll is missing. Apabila menemui kesulitan saat mengikuti langkah diatas, ada bagian yang tidak dimengerti atau tidak berhasil, silahkan tinggalkan pertanyaan dikolom komentar.
Terimakasih sudah membaca, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi solusi atas masalahmu.