kembali Blog Soto Betawi

5 Soto Betawi Terdekat Paling Enak

khasiat daun bidara arab
Tersedia banyak pilihan soto betawi terdekat legendaris di Jakarta yang eksis sejak puluhan tahun lalu.
Hampir setiap daerah memiliki racikan soto khas masing-masing. Seperti di Jakarta contohnya, yang terkenal dengan racikan soto Betawi yang mantap.
Berkuahkan santan atau susu, soto Betawi disajikan dengan potongan daging sapi, paru, kikul hingga babat.
Di Jakarta sendiri banyak penjual soto Betawi legendaris yang enaknya kebangetan. Mereka sudah berjualan sejak puluhan tahun lalu.
Mulai dari Soto Cawang yang letaknya berada di dalam area parkir. Kemudian ada soto Betawi H. Ma'ruf yang sudah buka sejak tahun 1940, dan masih banyak lagi.
Sebagai kuliner yang berkembang di wilayah Betawi, cikal bakal Jakarta, soto ini diracik oleh penduduk asli Betawi. Awal mulanya, saat penjajah berkuasa, orang Betawi tak mampu membeli daging karena harga yang mahal.
Alhasil, masyarakat Betawi memanfaatkan jeroan seperti paru, babat, kikil dan isi perut lainnya yang sering kali jadi bahan yang terbuang dan tidak digunakan kaum elite kala itu. Orang Betawi mengolah jeroan itu dengan memadukannya bersama santan, salah satu bahan pokok orang Betawi yang juga digunakan di makanan khas Betawi lain seperti nasi uduk.
"Zaman dulu itu memakai jeroan karena orang Betawi menengah ke bawah. Enggak mampu beli daging," kata generasi ketiga penerus soto Betawi H Maruf, Mufti Maulana Mukhlis kepada CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu jelang hari ulang tahun Jakarta yang ke-492.
Menurut tradisinya, masyarakat Betawi menyantap soto untuk makan pagi hingga makan siang. Ini pula lah yang menjadi alasan beberapa warung Soto Betawi legendaris buka dari pagi, biasanya pukul 07.00 WIB dan tutup setelah makan siang, paling lama pukul 14.00 WIB. Secara khusus, tak ada resep baku untuk soto Betawi.
Berikut lima rekomendasi soto Betawi legendaris di Jakarta yang enaknya kebangetan.

SOTO BETAWI BANG ULOH RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR

Soto Betawi Paling Enak
Rekomendasi Nomor #1
Di daerah Rawamangun ada tempat makan Soto Betawi Paling Enak dan legendaris yang sayang untuk dilewatkan. Namanya Soto Betawi Bang Uloh, yang sudah buka sejak tahun 1982. Menurut mitos yang beredar asal muasal soto betawi bang uloh, didirikan oleh seorang warga betawi keturunan Belanda, karena uniknya seorang pedagang soto berwajah tampan seperti orang belanda,soto betawi ini sangat populer dan banyak dikunjungi pada jamannya. Saat ini Soto Betawi Bang Uloh dikelola oleh salah satu anaknya.
1 HARI HABIS 300 PORSI !
Menurut salah seorang narasumber Soto Betawi Bang Uloh dalam 1 hari terjual lebih dari 300 Porsi dalam waktu singkat, seperti apa sih rasanya? Anda wajib mencoba !
Sama seperti tempat makan soto Betawi lainnya. Di sini masih menggunakan konsep rumah makan sederhana. Ciri khas sotonya terletak pada penggunaan kuah santan dengan susu, dengan tekstur kental dan nikmat.
Potongan dagingnya juga royal dengan pilihan paru, babat hingga kikil untuk pelengkapnya. Untuk kisaran harga menu nasi dan soto Betawinya sekitar Rp 28.000. Menu yang tersedia di soto betawi bang uloh antara lain :

Alamat Soto Betawi Bang Uloh

Jl. Maskoki Raya No 4 rawamangun Jakarta Timur
Rute Google Maps

Link Pesan GOFOOD

Untuk anda yang ingin memesan lewat GOFODD bisa Klik Link dibawah ini.
ORDER GO FOOD